Kabar Duka, Tokoh Bulu Tangkis Indonesia Justian Suhandinata Tutup Usia

- Sabtu, 5 November 2022 | 16:01 WIB
Justian Suhandinata meninggal dunia di usia 75 tahun (PBSI/Erly Bahtiar)
Justian Suhandinata meninggal dunia di usia 75 tahun (PBSI/Erly Bahtiar)

Kabar duka menghampiri dunia bulu tangkis. Pasalnya, salah satu sosok penting dalam sejarah perjalanan bulu tangkis dunia, yakni Justian Suhandinata, tutup usia.

Berdasarkan laporan yang dimuat PBSI, Justian meninggal dunia di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok, Thailand, Jumat, (4/11/2022) pukul 21.25 WIB. Ia meninggal di usia 75 tahun.

Justian memperoleh gelar kehormatan sebagai satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan penghargaan Honorary Life Vice President dari BWF. Penghargaan itu diberikan atas dedikasi Justian untuk dunia bulu tangkis internasional.

Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna, turut mengucapkan rasa dukanya atas meninggalnya Justian Suhandinata ini. Apalagi Justian telah menorehkan banyak prestasi di level internasional.

“Kami ikut berduka cita atas berpulangnya tokoh bulu tangkis nasional dan internasional, Bapak Justian Suhandinata. Dunia bulu tangkis Indonesia tentu kehilangan dengan kepergian tokoh yang mendedikasikan hidupnya hanya untuk kemajuan bulutangkis Indonesia dan dunia,” kata Agung dalam rilis PBSI.

Baca Juga: Gas Terus! Fajar/Rian Dipastikan Tempati Peringkat 3 Dunia Sektor Ganda Putra

“Banyak jasa dan prestasi beliau untuk kemajuan prestasi bulu tangkis Indonesia. Bahkan hingga akhir hayatnya, Pak Justian masih berkiprah sebagai Dewan Penasihat PP PBSI 2020-2024,” sambung Agung.

“Mewakili PBSI dan insan bulutangkis Indonesia, sekali lagi saya mengucapkan rasa duka cita dan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian Pak Justian hingga akhir hayat," tandasnya.

Baca Juga: Jadwal Wakil Indonesia di Semifinal Hylo Open 2022: Anthony Ginting Berburu Tiket Final!

Pada 2008, Justian berhasil membuat nama Suhandinata Cup digunakan untuk Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Beregu Campuran Junior. Suhandinata, adalah ayah Justian, tokoh yang bersama Sudirman mempersatukan organisasi bulu tangkis yang sempat terpecah dengan menjadi organisasi BWF di Tokyo 1981.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X