Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi ala Ditto Percussion

- Jumat, 24 Juli 2020 | 20:29 WIB
Ditto Percussion saat bersepeda. (Instagram/@dittopercussion)
Ditto Percussion saat bersepeda. (Instagram/@dittopercussion)

Bersepeda saat ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Hampir di setiap sudut jalan di jam berapapun masih ramai orang naik sepeda. Sayangnya, ada beberapa orang di antara mereka yang bersepeda secara sembarangan hingga menganggu pengguna jalan lain.

Ada pula yang bersepeda tanpa memerhatikan protokol kesehatan dan keselamatan. Contohnya tidak memakai masker, berkerumun, tidak menggunakan helm, dan masih banyak lagi. Melihat hal ini, public figure yang juga pencinta olahraga sepeda merasa prihatin.

"Senang sih sekarang yang bersepeda makin banyak. Tapi deg-degan juga karena yang enggak pakai helm, lalu kalau sepeda sampai ke tengah. Cobalah untuk bertoleransi dengan pengguna jalan lain," kata Ditto dalam suatu konferensi pers online, Jumat (24/7/2020).

Ia juga mengingatkan agar para pesepeda banyak baca dan belajar supaya pengetahuannya semakin luas. Di sisi lain Ditto juga membagikan tips untuk bersepeda dengan aman khususnya di tengah pandemi Covid-19. 

Pertama, cari rute sepeda yang sepi karena di masa sekarang ini tidak diketahui siapa yang sakit dan siapa yang sehat. Lalu apabila ingin bersepeda bersama teman, pastikan semuanya dalam keadaan sehat.

"Kalau bareng-bareng juga abis sepedaan langsung pulang, jangan kumpul-kumpul. Jangan sampai pas sepedaan sehat tapi pas pulang sakit, enggak enak sama orang rumah," kata Ditto.

Selanjutnya, suami Ayudia Bing Slamet itu mengingatkan jangan lupa memakai masker bila intensitas bersepedanya ringan hingga sedang. Namun jika intensitasnya tinggi, masker bisa dilepas sebentar lalu kembali dipakai ketika heart rate (detak jantung) menurun kembali.

"Kalau heart rate tinggi harus dilepas karena sesak kan. Makanya kenapa kemarin banyak yang collapse karena enggak merhatiin heart rate. Monitor heart rate itu penting banget sih kalau olahraga," pungkas Ditto.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X