SEA Games Vietnam: Indonesia Ditargetkan Rebut 5 Medali Emas dari Cabor Esports

- Kamis, 23 Desember 2021 | 15:59 WIB
Babak grand final Piala Presiden Esports 2021 di Bali, Sabtu (18/12/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Babak grand final Piala Presiden Esports 2021 di Bali, Sabtu (18/12/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Wakil Indonesia ditargetkan membawa pulang 5 medali emas dari cabang olahraga (cabor) esports dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara SEA Games yang akan dihelat pada 12-23 Mei 2022 di Hanoi, Vietnam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Frengky Ong dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Untuk mewujudkan target tersebut, Frengky mengatakan pihaknya telah menggandeng Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Indonesia eSports Association (IESPA).

"Kita sudah bekerja sama dengan KOI dan juga dengan IESPA, kita akan membentuk satu badan tim nasional dan untuk kuota kita mempunyai beberapa target, salah satunya targetnya kita inginkan setinggi-tingginya kita targetkan 5 emas untuk kita capai di SEA Games ini," ujar Frengky dikutip dari Antara.

Selain pembentukan badan tim nasional, Frengky mengungkapkan PBESI juga akan menjalankan pelatnas yang dimulai pada Januari, yang akan didahului oleh penyaringan atlet dengan program penyaringan yang akan diumumkan kemudian.

Sementara itu, beberapa waktu lalu panitia SEA Games Vietnam telah mengumumkan 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam multi event olahraga 2 tahunan tersebut, termasuk di dalamnya esport dengan 10 event di dalamnya.

Baca Juga: Pensiun dari Dunia Tinju, Manny Pacquiao Luncurkan Tim Esports

Pada Maret lalu, Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Vietnam telah mengumumkan bahwa esport akan menjadi ajang perebutan medali di SEA Games dengan 8 game yang akan dipertandingkan dalam 10 nomor cabang olahraga.

SEA Games ke-30 yang digelar di Filipina pada 2019 telah mengikutsertakan esport dalam perebutan medali dengan 6 cabang olahraga, yaitu Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Dota 2, Starcraft II, Tekken 7 dan Hearthstone.

Sebelumnya, esport juga telah dimainkan dalam Asian Games 2018 sebagai pertandingan ekshibisi.

Berikut 10 cabang olahraga esports yang akan dipertandingkan dalam SEA Games ke-31 di Vietnam.

1. League of Legends: Quick War (League of Legends: Wild Rift - Mobile) - (Tim Putra)
2. League of Legends: Quick War (League of Legends: Wild Rift -Mobile) - (Tim putri)
3. Arena of Valor (mobile) - (Tim)
4. PUBG Mobile (Tim)
5. PUBG Mobile (Personal)
6. Free Fire (mobile) - (Tim)
7. League of Legends (PC) - (Tim)
8. FIFA 4 (PC) - (Tim)
9. Crossfire - (PC) - (Tim)
10. Mobile Legends: Bang Bang - (Tim)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X