Pemerintah Makin Serius Percantik Kawasan Sirkuit Mandalika

- Kamis, 30 Januari 2020 | 17:56 WIB
Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto, berbicara terkait rencana pemerintah soal Sirkuit Mandalika (INDOZONE/Sigit Nugroho).
Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto, berbicara terkait rencana pemerintah soal Sirkuit Mandalika (INDOZONE/Sigit Nugroho).

Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin makin serius membangun Sirkuit Mandalika untuk penyelenggaraan MotoGP, di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kawasan Sirkuit Mandalika bakal dipercantik dengan membangun akses jalan utama sepanjang 17 kilometer.

Anggaran yang disiapkan sebesar Rp700-Rp800 miliar. Kementerian PUPR menargetkan jalan itu selesai dibangun pada Maret 2021. 

"Kita persiapkan untuk empat lajur, pembebasan lahan kanan-kiri 50 meter. Namun, untuk konstruksinya, akan dilakukan sesuai keperluan, jadi dua lajur dulu kanan dan kiri," kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto, kepada Indozone, Kamis (30/1/2020). 

Tak hanya akses pendukung Sirkuit Mandalika, Sugiyartanto juga menyebut akses jalan tersebut untuk membuka potensi pariwisata di sekitar Mandalika. 

"Ini untuk pendapatan daerah kan bukan hanya pajak saja, tetapi juga dari pariwisata," tuturnya. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menargetkan pembangunan Sirkuit Mandalika rampung pada Oktober 2020. Saat ini pengerjaan seluruh infrastruktur balap motor MotoGP itu mencapai 40%.

“Persiapannya sangat bagus, dan memang ini yang pertama di dunia ada (sirkuit) di pinggir pantai,” kata Luhut dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Luhut juga mengatakan pemerintah tengah merampungkan masalah pembebasan tanah untuk akses dari Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika. Jika jalan selesai dibangun, jarak tempuh dari bandara ke Mandalika hanya butuh 20 menit.

"Tinggal 1% tanah yang belum beres, akan menghemat 17 kilometer (jalan) yang ditempuh dari airport,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X