Manny Pacquiao Calonkan Diri Jadi Presiden Filipina

- Senin, 20 September 2021 | 15:55 WIB
Manny Pacquiao (Instagram/@mannypacquiao)
Manny Pacquiao (Instagram/@mannypacquiao)

Manny Pacquiao telah mencalonkan diri sebagai presiden Filipina tahun depan menyusul kekalahannya dalam perebutan sabuk juara Kelas Welter WBA bulan lalu di tangan Yordenis Ugas.

Petinju berusia 42 tahun yang memenangkan gelar dunia dalam 8 divisi  itu kini tengah mempertimbangkan keputusan untuk pensiun. Jika upayanya berhasil menjadi orang nomor satu di Filipina, dia kemungkinan akan gantung sarung tangan setelah 72 pertarungan dalam 26 tahun karirnya.

Melalui media sosial, Pacquiao yang juga senator mengungkapkan pencalonannya sebagai Capres Filipina. Ia mengaku berani menerima tantangan mencalonkan diri sebagai Presiden di negara tersebut.

Baca JugaKetua UFC Dana White Yakin Conor McGregor Bisa Kembali Naik Ring Akhir Tahun Ini

"Hari ini, saya dengan berani menerima tantangan mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Filipina, dengan pesan kepada mereka yang mengambil keuntungan dari rakyat Filipina: Waktu Anda Sudah Sampai!," tulisnya di Instagram, Minggu (19/9/2021).

"Kami membutuhkan pemerintah untuk melayani rakyat kami dengan integritas, kasih sayang, dan transparansi."

"Sekarang waktunya. Kami siap menghadapi tantangan kepemimpinan."

Sementara itu, dalam konferensi pers, Pacquiao secara resmi menyatakan bahwa ia menerima pencalonan salah satu kubu di partai PDP-Laban.

Adapun visi-misinya untuk menjadi presiden adalah memerangi kemiskinan dan mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi.

"Ini saatnya bangsa kita bangkit dari kemiskinan, memiliki pemerintahan yang bersih, di mana setiap sen dollar jatuh ke tangan setiap rakyat Filipina. Waktunya yang tertindas yang menang," ujarnya dalam konferensi pers.

Sebagai seorang atlet yang sarat akan pertarungan, semangat juang Pacquiao begitu besar untuk memimpin negaranya.

"Saya adalah petarung dan saya akan selalu menjadi petarung di dalam dan di luar ring. Dalam hidup saya, saya tidak pernah menyerah karena saya harus berjuang," tambahnya.

Dengan mencalonkan diri sebagai presiden, Pacquiao disebut-sebut bakal menjadi mantan atlet yang sukses merambah dunia politik. Pasalnya, ia telah terpilih sebagai anggota perwakilan rakyat pada 2010 lalu menjadi senator 6 tahun kemudian.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X