Polemik Timnas Futsal ke SEA Games Vietnam, Kemenpora: dari Awal sudah Direkomendasikan

- Selasa, 12 April 2022 | 16:29 WIB
Timnas futsal Indonesia yang berlaga di Piala Futsal AFF 2022 di Bangkok, Thailand. (ANTARA/HO/AFF-FAT)
Timnas futsal Indonesia yang berlaga di Piala Futsal AFF 2022 di Bangkok, Thailand. (ANTARA/HO/AFF-FAT)

Belakangan ini, muncul polemik terkait keberangkatan tim nasional (timnas) futsal putra Indonesia ke SEA Games Vietnam 2021. Tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun angkat bicara.

Pihak tim review PPON Kemenpora menyatakan dari awal mereka sudah merekomendasikan timnas futsal putra Indonesia turun di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam bersama dengan 31 cabang olahraga lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, Selasa (12/4/2022).

"Jadi, hasil tim review adalah yang putra, tetapi Sekjen FFI (Federasi Futsal Indonesia) memaksa minta putri. Makanya, kami sudah bantah. Kami tetap pada keputusan kami, yakni futsal putra yang bisa ke SEA Games," kata Chandra dikutip dari Antara.

Baca Juga: Jelang SEA Games Vietnam 2021, Pelatnas Cabor Senam Digelar Terpisah

Menurutnya, proses review cabang olahraga yang diberangkatkan ke SEA Games Vietnam dilakukan secara profesional dengan melibatkan para akademisi, pakar olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia.

"Karena kami tak main-main, enggak ada order-order-an, kami pertanggungjawabkan ke masyarakat. Tim review juga terdiri dari berbagai pihak yang kompeten. Mereka juga tak mau kalau ikuti order cabang olahraga. Makanya, pak Menteri bilang, itu kewenangan tim review. Kemenpora hanya mencatat, menghormati keputusan tim review," tambah Chandra.

Sebelumnya, futsal tidak termasuk cabang olahraga yang diberangkatkan ke SEA Games Vietnam 2021 lantaran dianggap tidak memiliki peluang untuk membawa pulang medali.

Padahal secara prestasi, timnas futsal putra bisa bersaing di Asia Tenggara dan bahkan baru saja menjadi runner up Piala AFF Futsal 2022 setelah final dikalahkan tuan rumah Thailand lewat adu penalti.

Namun di sisi lain, manajer timnas futsal putra, Dimas Bagus Kurniawan mengatakan tim asuhannya bisa tampil di SEA Games 2021, Vietnam setelah sebelumnya sempat dicoret. 

"Insha Allah jadi (berangkat ke SEA Games 2021)," ujar Dimas.

Kendati begitu, Dimas belum bisa menjabarkan lebih detail tentang keikutsertaan timnas futsal di SEA Games 2021.

"Saya tidak bisa berkomentar soal itu (bagaimana timnas futsal berpartisipasi di SEA Games 2021), termasuk siapa saja pemain yang masuk skuad. Soal teknis menjadi keputusan pelatih," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X