F1 GP Arab Saudi: Hamilton Rebut Pole Position, Verstappen Tabrak Pagar Pembatas

- Minggu, 5 Desember 2021 | 08:43 WIB
Lewis Hamilton, pembalap Mercedes (REUTERS/Giuseppe Cacace)
Lewis Hamilton, pembalap Mercedes (REUTERS/Giuseppe Cacace)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton merebut pole position Grand Prix Arab Saudi pada Sabtu (4/12/2021) ketika rivalnya dari tim Red Bull, Max Verstappen menabrak pagar pembatas tikungan terakhir di lap pemungkasnya saat kualifikasi.

Berdasarkan catatan laman Formula 1, Hamilton tampak kewalahan dengan understeer di sepanjang Q3, tapi ia mampu membawa mobil Mercedesnya tercepat di lap terakhir dengan catatan 1:27,511.

Hamilton, yang tertinggal 8 poin dari Verstappen yang memuncaki klasemen, akan ditemani oleh rekan satu timnya Valtteri Bottas yang membantu Mercedes mengunci 2 posisi start baris terdepan.

Awalnya, Verstappen yang berpeluang mengunci gelar juara dunia akhir pekan ini di Jeddah, tampil paling cepat dari rival-rivalnya di upaya terakhirnya di babak kualifikasi.

Sang pembalap Red Bull nyaris 0,2 detik lebih cepat dari catatan waktu Hamilton ketika melaju di 2 sektor pertama, tapi ia melewatkan kesempatan emas meraih pole position akibat menyenggol pagar pembatas di tikungan terakhir sehingga mengakhiri upayanya.

Baca Juga: GP Arab Saudi: Lewis Hamilton Selesaikan Latihan Bebas ke-2 dengan Waktu Tercepat

Catatan waktu terbaik Verstappen cukup untuk menempatkannya di P3, namun ada kekhawatiran apakah ia mengalami kerusakan girboks karena kecelakaan tersebut, yang mana apabila ada pergantian komponen akan menyebabkan ia terkena penalti mundur 5 posisi start.

"Saya tahu memiliki kecepatan dan itu terlihat pada akhirnya. Saya tidak terlalu mengerti apa yang terjadi tapi saya mendapati ban terkunci. Saya masih mencoba untuk menjaga mobil tetap di trek dan melaju tapi bagian belakangnya rusak dan harus berhenti," kata pembalap asal Belanda itu.

Sementara itu, Charles Leclerc finis P4 untuk Ferrari di saat pembalap Red Bull lainnya Sergio Perez harus puas di P5.

Di samping itu,  Hamilton yang mengejar hattrick setelah kemenangan di Brazil dan Qatar untuk memangkas jarak dari Verstappen, merasa puas dengan hasil kualifikasi kali ini.

"Bagi kami mendapat satu-dua, saya sangat bangga dengan Valtteri dan para pria dan wanita di tim kami yang telah bekerja sangat keras. Ini adalah hasil yang luar biasa," kata pria 36 tahun itu.

Pole itu merupakan yang ke-103 dalam karier sang pembalap Inggris dan kelima kali baginya musim ini.

Adapun  Pierre Gasly meneruskan penampilan impresifnya dengan mobil AlphaTauri dan mengamankan P6 setelah mengalahkan pembalap McLaren Lando Norris.

Yuki Tsunoda membawa mobil AlphaTauri kedua di P8 di saat Esteban Ocon dan Antonio Giovinazzi melengkapi sepuluh besar untuk tim Alpine dan Alfa Romeo.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X