Menangkan Grand Prix Meksiko, Verstappen: Jalan Masih Panjang

- Senin, 8 November 2021 | 12:49 WIB
Pembalap F1 Max Verstappen saat menangkan Grand Prix Meksiko 2021(REUTERS/EDGARD GARRIDO)
Pembalap F1 Max Verstappen saat menangkan Grand Prix Meksiko 2021(REUTERS/EDGARD GARRIDO)

Pembalap tim Red Bull, Max Verstappen menegaskan masih ada jalan panjang dalam perlombaan kejuaraan pembalap Formula 1 meskipun keluar sebagai juara di Grand Prix (GP)  Meksiko, Minggu (8/11/2021) waktu setempat.

Pria berusia 24 tahun itu tidak pernah menoleh ke belakang setelah berpindah dari posisi ketiga ke posisi pertama pada putaran pertama, mengakhiri kemenangan karir ke-19 dan ke-9-nya musim ini dengan lebih dari 16 detik di depan Lewis Hamilton di posisi kedua dan rekan setimnya di Red Bull serta pembalap tuan rumah favorit, Sergio Perez harus puas di urutan ketiga.

Dengan demikian, berarti Verstappen menyalip Nigel Mansell, Alain Prost dan Jim Clark sebagai pembalap yang memenangkan sebagian besar balapan di Grand Prix Meksiko (ditambah dengan kemenangan tahun 2017 dan 2018).

Dia juga kini sejajar dengan Hamilton yang menang di Meksiko pada 2016 dan 2019, tetapi sekarang telah unggul dari sang rival asal Inggris itu.

Verstappen memegang keunggulan 19 poin atas Hamilton di puncak kejuaraan pebalap dengan hanya 4 balapan tersisa, tetapi dia menolak untuk terbawa suasana kemenangan. Dengan kalimat lain, Verstappen mengantongi total (312,5 poin) sementara Hamilton mengoleksi sebanyak  (293,5 poin).

"Masih ada jalan panjang. Itu cukup mudah hari ini, sangat bagus," kata pembalap Belgia itu kepada wartawan pasca balapan.

"Tentu saja terlihat bagus, tetapi bisa berbalik dengan cepat. Saya menantikan Brazil (akhir pekan depan). Saya juga memiliki kenangan indah di sana," tambahnya.

Berbicara tentang start elektriknya yang membuatnya mampu melewati Hamilton dan Valtteri Bottas, Verstappen mengatakan kuncinya adalah menahan agar tidak mogok selama mungkin.

Baca Juga: Buntut Tabrakan di F1 GP Inggris 2021, Verstappen Unfollow Hamilton di Instagram

"Itu lebar tiga, dan itu hanya tentang mencoba mengerem selambat yang Anda bisa," jelasnya.

"Saya naik dari posisi ketiga ke posisi pertama dan pada dasarnya itulah yang membuat saya balapan karena saya hanya bisa fokus pada diri saya sendiri. Ada kecepatan luar biasa di dalam mobil, jadi saya bisa melakukan hal saya sendiri," imbuhnya.

GP Brazil siap menanti para pembalap Minggu depan (14/11/2021) waktu setempat di kedua dari tiga-header November, sebelum perjalanan ke Qatar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X