Alexandra Asmasoebrata, Pembalap Wanita Indonesia dengan Prestasi Tingkat Internasional

- Rabu, 30 Maret 2022 | 06:28 WIB
Alexandra Asmasoebrata bersama Alex Asmasoebrata. (Instagram/alexandra.asma)
Alexandra Asmasoebrata bersama Alex Asmasoebrata. (Instagram/alexandra.asma)

Wanita pemilik nama asli Allida Alexandra Nurluthvia adalah putri dari pembalap kebanggaan Indonesia, Alex Asmasoebrata.

-
Alexandra Asmasoebrata. (Instagram/alexandra.asma)

Diusia 12 tahun Andra memulai karir balapnya dengan mengikuti ajang balapan Go Kart kelas 60 cc dan berhasil memenangkan pertandingan tersebut.

Di tahun kemudian perempuan kelahiran 23 Mei tahun 1988 ini menjajal Go Kart 125 cc hingga dapat kesempatan untuk tanding di tingkat ASEAN.

Kepiawaian Andra dalam mengemudi membuatnya ditawarkan untuk berpartisipasi di kualifikasi Formula BMW Scholarship yang berlangsung di Spanyol tahun 2004.

Baca Juga: Sejak Awal Stadion JIS Punya Dampak, Anis Baswedan: Ini Mesin Penggerak Kemajuan

Di tahun 2005 Andra berhasil memenangkan tiga perlombaan, ya itu, National Kart Championship 2005, 13th World Championship Junior Rotax Max 2005, dan Formula Campus Asia 2005 di Cina dengan menempati pole position.

Di tahun 2007 sama cewek dengan tinggi 167 cm ini kembali berpatisipasi di pertandingan Go Kart dan Formula Renault Asia.

Di tahun yang sama ia juga mendapatkan rekor MURI pada hari Kartini karena prestasinya sebagai satu-satunya pembalap wanita di Indonesia, bahkan Asia.

Di tahun 2015 Andra sempat menjadi komentator F1 meskipun sudah pensiun sebagai pembalap medio.

Saat ini Andra sudah menikah dengan keponakan Jusuf Kalla, bernama Subhan Aksa, setelah sebelumnya bercerai dengan Dias Baskara Dewantara, putra Mayjen (Purn) TNI Muchdi Purwoprandjono.

Penulis: Iqlima Shofiyyah Nasution

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X