Demi Formula 1, Arab Saudi Bangun Sirkuit Baru

- Senin, 20 Januari 2020 | 12:30 WIB
Balapan sengit F1 akan hadir di Arab Saudi. (Instagram/@f1abudhabi)
Balapan sengit F1 akan hadir di Arab Saudi. (Instagram/@f1abudhabi)

Langkah besar tengah dibangun Arab Saudi demi menghadirkan olahraga jet darat termewah Formula 1 (F1) untuk hadir di sana.

Untuk memuluskan langkahnya tersebut Arab Saudi kini tengah gencar membangun sebuah sirkuit baru yang lokasinya dekat dengan Ibu Kota Riyadh.

Sirkuit yang rencananya akan dibangun di daerah Qiddiya ini, dirancang oleh mantan pembalap F1, Alex Wurz. 

Nantinya sirkuit ini akan menjadi sebuah kompleks tempat hiburan dan olahraga kelas premium dengan status Grade 1 dari Federasi Balap Mobil Internasional (FIA).

Meskipun rencana balapan F1 di Arab Saudi masih tahap negosiasi namun CEO Sirkuit Qiddiya, Mike Reininger yakin dengan mendapatkan status Grade 1, Sirkuit Qiddiya dapat menggelar kejuaraan balap berkelas mulai dari F1 hingga MotoGP.

"Kami akan membangun fasilitas dengan harapan dapat menggelar balapan dan kejuaraan balap kelas dunia lainnya di Arab Saudi mulai 2023 nanti," kata Mike Reininger.

Rencana pembangunan sirkuit pun sudah dilakukan sejak Jumat (17/1/2020) dengan dihadiri oleh mantan pembalap F1, Damon Hill, David Coulthard, Nico Hulkenberg, Romain Grosjean hingga mantan pembalap MotoGP, Loris Capirossi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X