Pengen Coba Ngegym? Ini Dia Ragam Alat Gym dan Fungsinya, Pemula Wajib Tahu!

- Rabu, 2 November 2022 | 19:25 WIB
Yuk kenali beragam alat di tempat gym untuk tahu apa kebutuhanmu. (Z Creators/Aldi Buchori)
Yuk kenali beragam alat di tempat gym untuk tahu apa kebutuhanmu. (Z Creators/Aldi Buchori)

Bagi kamu yang baru ingin mulai nge-gym, mungkin akan kesulitan membedakan fungsi antara alat gym yang banyak dan beragam itu. Tak jarang, karena bingung atau malu dan takut salah, banyak orang enggan melangkahkan kaki ke tempat gym. Sementara, alat fitness memang memiliki banyak jenis dengan fungsi yang berbeda-beda bagi tubuh. Nah, supaya kamu tidak kebingungan lagi, berikut jenis dan fungsi beberapa alat fitness yang bisa kamu gunakan di tempat gym:

1. Flat Bench Press

-
Flat Bench Press. (Z Creators/Aldi Buchori)

Alat ini digunakan untuk melatih otot dada menggunakan barbell. Penggunaannya ialah baringkan tubuh di bangku, usahakan punggung bawah tidak menyentuh bangku, kemudian atur berat piringan besi barbell, lalu angkat barbell sampai lengan lurus. Lakukan hal tersebut sebanyak 5 sampai 10 kali gerakan.

2. Seated Row Machine

-
Seated Row Machine. (Z Creators/Aldi Buchori)

Alat ini digunakan untuk melatih otot punggung terutama punggung bagian samping dan dalam. Caranya, letakkan piringan besi pada tiap sisi alat dan duduk di bangku. Usahakan posisi dada membusung menyentuh sandaran bangku, kemudian tarik sisi kanan dan kiri bersamaan sampai otot punggung terasa kontraksi, dan lakukan 5 sampai 10 kali gerakan.

3. Lats Pull Down

-
Lats Pull Down. (Z Creators/Aldi Buchori)

Berfungsi untuk melatih otot punggung terutama bagian samping. Alat ini digunakan dengan cara duduk di bangku, lalu atur beban yang ada di depan. Kemudian, letakkan kedua tangan ke pegangan besi dan tarik hingga sejajar dada. Usahakan untuk membusungkan dada hingga otot punggung berkontraksi. 

4. Butterfly Machine

-
Butterfly Machine. (Z Creators/Aldi Buchori)

Jika kamu ingin melatih otot bagian dalam, maka alat ini harus kamu gunakan. Dinamakan butterfly karena sistem kerja alat ini seperti gerakan kupu-kupu. Cara penggunaannya, atur berat beban yang berada di belakang bangku, duduk di bangku dan letakkan tangan ke bagian belakang tuas kanan dan kiri, lalu tarik ke dalam kedua tuas sampai otot dada berkontraksi. Sama seperti sebelumnya, lakukan gerakan ini 5 sampai 10 kali gerakan.

Nah, gimana? Sekarang kamu sudah punya guide untuk bisa membantumu lebih mudah mengenal alat gym. Mulai sekarang, yuk makin rajin berolahraga!

Artikel Menarik Lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Nandina Agisni

Tags

Rekomendasi

Terkini

X