Sisi Lain Depok: Kenalkan Street Workout Depok!

- Kamis, 16 Maret 2023 | 18:19 WIB
Street Workout Depok (Z Creators/Elisa Depari)
Street Workout Depok (Z Creators/Elisa Depari)

Kota Depok kerap mendapat stigma buruk dalam beberapa waktu terakhir karena beberapa insiden. Akan tetapi, Komunitas SWORD atau Street Workout Depok, yang sudah berdiri sejak 2015, hadir menjadi sisi lain Depok.

Komunitas workout dengan metode calisthenic ini, berawal dari beberapa founder-nya yang saat itu dalam tahap seleksi kedinasan sehingga harus memiliki tubuh bugar. Kemudian, mereka berlatih mandiri dengan cara membangun bar latihan yang berlokasi di Taman Merdeka dengan meminta izin pemerintah setempat.

Sekadar informasi, calisthenic adalah bentuk olahraga dengan cara memaksimalkan penggunaan berat tubuh sendiri dalam proses melatih otot. Gerakannya meliputi bulgarian split squat, hand stand push up, explosive push up, push v up, jumping, pull up, dan lain-lainnya.

-
Street Workout Depok (Z Creators/Elisa Depari)

Baca Juga: Viral Mahasiswi UI Jadi Korban Pelecehan di Jalan, Polres Depok Turun Tangan!

SWORD Hidup dari Kantong Anggotanya Sendiri

Kegiatan positif ini pun dapat berjalan karena adanya inisiatif antara sesama anggota yang setiap sesi latihan menyumbangkan sedikit recehnya secara sukarela.

"Pada dasarnya, latihan kita free, Kak. Tapi, untuk menunjang fasilitas yang tidak dibiayai dari pihak manapun, seperti pembangunan, pembaruan, dan pemeliharaan bar latihan, kami pun berinisiatif mengumpulkan sumbangan sukarela tanpa tekanan. Bukan hanya itu, dana yang terkumpul pun dipakai untuk konsumsi para anggota yang sedang berlatih pada saat jam ofisial. Dari kita, untuk kita juga sebenarnya" ungkap Yosha Rivaldi (20) selaku ketua SWORD periode 2022 sampai dengan 2024, Kamis (16/3/2023).

"Untuk coach/mentor sendiri pun dari kita-kita (para anggota) juga yang kebetulan sudah lebih dulu mendapatkan pengetahuan tentang calisthenic, jadi tidak ada yang lebih kuat atau lebih tinggi, yang ada hanya orang-orang yang mau belajar, mau berkembang, dan sehat bersama didalamnya. Itulah mengapa latihan selalu ditutup dengan sesi sharing antar sesama anggota" tambah Bang Jack, selalu anggota yang pernah menjabat sebagai ketua SWORD pada periode sebelumnya.

Yosha pun mengungkapkan besar harapannya kepada anak muda Depok, khususnya untuk lebih produktif lagi dalam mengembangkan hal positif.

"Bahkan, kami juga mengadakan program ladies class dengan fokus di kardio biasanya, jadi ngga perlu khawatir bagi perempuan-perempuan yang ingin join bersama kami. Sebisa mungkin, kami menciptakan ruang aman untuk mereka," lanjutnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Ajak Anak Muda Tingkatkan Perekonomian Lewat Usaha

Jadwal latihan SWORD tiga kali dalam seminggu, yaitu Selasa dan Kamis pada pukul 19.30, serta Sabtu pada pukul 16.00, di Taman Merdeka, Sukmajaya, Depok.

Artikel Menarik Lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X