Kegagalan Rafael Nadal di ATP Finals 2022 Bikin Carlos Alcaraz Ukir Sejarah Baru

- Kamis, 17 November 2022 | 13:42 WIB
Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz, mengukir sejarah baru (REUTERS/Guglielmo Mangiapane)
Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz, mengukir sejarah baru (REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz, dipastikan mengukir sejarah baru sebagai petenis termuda yang menempati peringkat satu dunia pada akhir tahun. Kepastian ini didapat lantaran kompatriot Alcaraz, Rafael Nadal, mengalami kegagalan di ATP Finals 2022.

Alcaraz saat ini menempati peringkat satu dunia, sementara Nadal di urutan kedua. Namun, posisi Alcaraz sempat mendapat ancaman dari Nadal karena ia tak ikut ATP Finals 2022 karena cedera.

Kendati demikian, Nadal justru menuai hasil buruk di ajang tersebut dengan mengalami dua kekalahan. Hasil itu membuat Nadal dipastikan tak bisa lanjut ke babak semifinal.

Pada saat yang sama, kegagalan Rafael Nadal ini membuat posisi Alcaraz di puncak menjadi aman. Alcaraz akan berusia 19 tahun 214 hari pada 5 Desember, ketika dia dinobatkan sebagai peringkat satu akhir tahun 2022.

Baca Juga: Daftar Peserta ATP Finals 2022: Carlos Alcaraz Absen, Rafael Nadal Jadi Favorit

Sebelum ini, petenis termuda yang mampu menempati peringkat satu dunia pada akhir tahun adalah Lleyton Hewitt. Ia melakukannya pada musim 2001, yang mana ketika itu Hewitt berusia 20 tahun 275 hari.

Tahun 2022 ini memang bisa dibilang sebagai tahunnya Carlos Alcaraz. Pada awal tahun, ia sebenarnya masih menempati peringkat 32 dunia. Namun, karena penampilan apiknya di sepanjang tahun, posisinya pun melesat hingga menjadi nomor satu.

Baca Juga: Sadar Umur, Rafael Nadal Gak Lagi Ngebet Jadi Nomor 1 Dunia

Puncak kejayaan Carlos Alcaraz terjadi di turnamen Grand Slam US Open 2022. Pasalnya, di turnamen bergengsi tersebut ia mampu menjadi juara setelah menumbangkan Casper Ruud di partai final.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X