F1 Powerboat 2023 Jadi Berkah Bagi Masyarakat Sekitar Danau Toba

- Senin, 6 Februari 2023 | 14:10 WIB
Ajang kejuaraan dunia olahraga air F1 Powerboat 2023 ternyata membawa berkah bagi masyarakat di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. (Dok. Kemenpora)
Ajang kejuaraan dunia olahraga air F1 Powerboat 2023 ternyata membawa berkah bagi masyarakat di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. (Dok. Kemenpora)

Ajang kejuaraan dunia olahraga air F1 Powerboat 2023 ternyata membawa berkah bagi masyarakat di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. Banyak pedagang yang merasa diuntungkan dengan ajang yang akan digelar tanggal 24-26 Februari mendatang. 

Salah satunya adalah Penjual Kopi Partungkoan Balige, Joy Siahaan. Warungnya yang terletak di dekat Pasar Balige tersebut semakin ramai pengunjung dengan akan dihelatnya F1 Powetboat nanti. 

Dalam seminggu Joy mengatakan bisa menghabiskan 1 ton bubuk kopi untuk dijual, baik itu yang diseduh langsung dan dijual hanya bubuk kopinya saja. Warung kopi Partungkoan memang lumayan terkenal, apalagi warung kopinya sendiri sebelumnya di bulan Maret 2019 pernah dikunjungi Presiden Jokowi. 

"Sebagai warga sini saya cukup senang dengan digelarnya F1 Powerboat di Danau Toba ini. Pendapatan warung kopi saya jelas bertambah, seminggu kurang lebih habis 1 ton bubuk kopi," kata Roy Jumat (4/2). 

Rencananya saat F1 Powerboat berlangsung nanti, dirinya akan mendapatkan stand untuk berjualan di lokasi sekitar perlombaan.

"Insyallah ketika pertandingan nanti, saya akan berjualan di lokasi acara. Ini bagian dari membantu UMKM di daerah Kabupaten Toba," tambahnya. 

Hal yang sama juga diraskan Ibu Susi Sibarani. Perempuan yang membuka usaha dengan berjualan makanan seperti pecel lele, ayam goreng, dan berbagai minuman tersebut mengaku bisa meraup keuntungan yang luar biasa. 

Dibandingkan sebelum akan digelarnya F1 Powerboat ini, Susi mengaku hanya berjualan seminggu sekali ketika ada pasar dadakan yang digelar setiap hari Jumat. Namun ketika akan diadakan F1Powerboat ini, dirinya bisa berjualan setiap hari. 

Sehari-hari Susi melayani makanan untuk para pekerja proyek yang sedang melakukan pekerjaan untuk menyelesaikan lokasi yang akan digunakan untuk F1Powerboat. Tidak tangung-tanggung dalam sehari saja dirinya bisa meraup keuntungan Rp 1-2 juta. 

"Kalau dibilang bahagia, saya mungkin salah satu orang yang merasakan paling bahagia dengan adanya event F1Powerboat. Karena diadakanya acara ini bisa menambah pendapatan usaha saya, ya sehari bisa mendapatkan 1-2 juta," kata Susi. 

Susi juga mengatakan cukup senang dengan adanya event olahraga bertaraf internasional yang digelar di daerah Danau Toba. Menurutnya dengan banyaknya event olahraga  yang digelar otomatis akan menambah perekonomian masyarakat. 

"Jelas saya sangat senang dengan adanya F1Powerboat ini. Otomatis bisa menambah pendapatan para pedagang di sekitar Danau Toba. Semoga setelah ajang ini bisa ada acara-acara olahraga lainya yang digelar di sini," harapnya. (adv)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X