Top Speed Pebalap di atas Target, Sirkuit Mandalika Penuhi Kualifikasi Dunia

- Kamis, 17 Februari 2022 | 17:41 WIB
Penampakan Sirkuit Mandalika. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)
Penampakan Sirkuit Mandalika. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Sirkuit Pertamina Mandalika dinyatakan memenuhi kualifikasi olahraga balap dunia menyusul rata-rata top speed pebalap dalam tes pramusim MotoGP 2022 di atas 300 kilometer per jam.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, dalam keterangan persnya, Kamis (17/2/2022).

Mansoer menjelaskan, pihaknya melakukan evaluasi internal terhadap apa yang sudah berjalan dalam pre-season test. Pihaknya kemudian mendapatkan catatan bahwa tes di hari pertama pada 11 Februari 2022 pada pagi harinya, top speed pembalap mencapai 285 km/jam.

Dalam official test yang diikuti 24 pebalap pada 11-13 Februari 2022 itu, pabrikan Ducati berhasil merajai catatan tertinggi.

Adapun Johann Zarco dari tim Pramac Racing memimpin catatan top speed dengan melaju sampai 314,8 km/jam di trek lurus Sirkuit Mandalika pada hari ketiga tes di trek sepanjang 4,31 km.

Baca Juga: Evaluasi Tes Pramusim MotoGP 2022, Aspal Sirkuit Mandalika bakal Dilapis Ulang

“Setelah dilakukan pembersihan, pada siang harinya tes dilanjutkan. Pada akhir hari pertama, Jumat, top speed yang dicapai oleh Johann Zarco sudah mencapai 314,8 km/ jam yang artinya bahwa pebalap sudah melakukan adjustment, kami juga melakukan pembersihan di hari pertama sehingga pebalap bisa mencapai top speed yang memang diharapkan sekitar 310 km/jam ke atas atau 1 menit 33 detik per lap,” kata Mansoer.

Kemudian, hari kedua dan ketiga juga dimulai tepat waktu tanpa ada penundaan. Pebalap juga semakin meningkatkan performanya. 

“Jadi top speed hari pertama sampai ketiga semuanya mencapai 314 km/jam,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Andhi Satria menambahkan pihak Dorna Sports dan FIM juga telah memberikan masukan perbaikan dalam hal estetika pada sirkuit seperti pengecatan sisi lintasan pada motif tenun, perbaikan tenda untuk marshall di sisi lintasan dan beberapa hal lainnya.

Selain catatan resurface lintasan dan kebersihan, secara umum pihak penyelenggara balap puas dengan kondisi sirkuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X