Inilah Wujud Mobil Balap Listrik Gen3 untuk Formula E 2023

- Selasa, 30 November 2021 | 12:13 WIB
Pebalap Prancis Jean-Eric Vergne saat tes pramusim Kejuaraan Dunia Formula E 2021-2022 di Sirkuit Ricardo Tormo  di Valencia, Spanyol. (REUTERS/DPPI / Panoramic/GERMAIN HAZARD)
Pebalap Prancis Jean-Eric Vergne saat tes pramusim Kejuaraan Dunia Formula E 2021-2022 di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol. (REUTERS/DPPI / Panoramic/GERMAIN HAZARD)

Inilah wujud dari mobil balap listrik generasi ketiga (Gen3) yang akan berpacu di Formula E 2023 musim kesembilan. Sekilas penampakannya tidak berbeda jauh dari generasi pendahulu tetapi diklaim paling efisien di dunia.

Jet darat yang senyap itu sejatinya diperuntukkan untuk musim balap ke-9 mulai 2023 dan telah dipresentasikan kepada pabrikan, tim, pembalap, dan sponsor dalam sebuah acara di Valencia, belum lama ini.

Baca juga: Parkir Mobil dengan Roda Depan Belok, Apa Betul Mengurangi Umur Komponen

Dilansir antaranews, ada beberapa tim yang sudah menguji di sirkuit aspal mulus di Spanyol menjelang musim delapan yang dimulai Januari tahun depan.

Spesifikasi Gen3 menyediakan memiliki sumber tenaga dari rotasi roda depan dan belakang dengan menggandakan kemampuan regeneratif. Kabarnya,  40 persen dari energi yang digunakan selama balapan akan dihasilkan dari pengereman regeneratif. 

Sebuah motor listrik akan menghasilkan tenaga hingga 350kw dan membuat mobil menjadi lebih ringan dan lebih kecil dari yang saat ini dilombakan di berbagai sirkuit jalanan berbasis kota, dengan kecepatan maksimal 320 km per jam.

Mobil ini juga akan bebas karbon dan berjalan tanpa rem hidrolik belakang.

Formula E berencana mendaur ulang bagian serat karbon yang rusak sementara ban akan mengandung 26 persen bahan-bahan terbarukan.

"Gen3 adalah mobil balap kami yang paling cepat, paling ringan, paling kuat, dan paling efisien," kata kepala eksekutif Formula E Jamie Reigle seperti dikutip Reuters.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X