Sosok Juwita Niza Wasni, Atlet Wushu Sumut Peraih Emas PON Papua, Pensiun di Usia 25 Tahun

- Senin, 4 Oktober 2021 | 11:57 WIB
Juwita Niza Wasni, atlet wushu Sumut dan Indonesia. (Antaranews)
Juwita Niza Wasni, atlet wushu Sumut dan Indonesia. (Antaranews)

Setelah meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua mewakili kontingen Sumatera Utara, atlet wushu putri kebanggaan Indonesia Juwita Niza Wasni memutuskan pensiun sebagai atlet, Minggu (3/10/2021).

Gadis kelahiran Medan, 16 Agustus 1996 itu sudah menjadi atlet wushu selama 14 tahun. Ia memutuskan pensiun di usia 25 tahun, usia yang terbilang cukup muda.

"Saya bersyukur sekali, mengakhiri karir dengan manis, menyumbangkan medali emas bagi Sumut di PON Papua, " kata Niza, panggilan akrabnya, di Papua.

-
Juwita Niza Wasni, atlet wushu Sumut dan Indonesia. (Antaranews)

Selama menjadi atlet wushu, Niza telah mempersembahkan tiga medali emas dan satu medali perak untuk kontingen Indonesia pada tiga perhelatan SEA Games, yakni di Myanmar (2013), Singapura (2015), dan Malaysia (2017). 

Niza juga berhasil menyabet medali emas di Asian Games Incheon, Korsel tahun 2014 dan Kejuaraan Dunia Wushu 2015.

“Saya berharap raihan medali emas ini bisa membahagiakan semua pihak, baik keluarga, Pengprov WI Sumut, KONI Sumut, maupun juga Master Supandi Kusuma yang sangat baik dan berjasa kepada saya,” ujar alumnus Fakultas Ekonomi UMSU ini.

-
Juwita Niza Wasni, atlet wushu Sumut dan Indonesia. (Antaranews)

Meskipun berstatus sebagai atlet unggulan, Niza mengakui bahwa tidak mudah baginya untuk menyabet medali emas di PON Papua. Dia sendiri sempat ragu untuk ikut bertanding mengingat cedera lutut yang masih menghantuinya.

"Sesungguhnya saya masih merasakan sakit pascaoperasi lutut di Australia tahun 2019 lalu. Bahkan, dua bulan sebelum ini saya masih belum kuat untuk melakukan lompatan," ungkap Niza.

Namun karena sudah berniat bahwa keikutsertaannya di PON Papua adalah penampilan terakhirnya, Niza pun menepikan sejenak masalah cederanya itu.

-
Juwita Niza Wasni, atlet wushu Sumut dan Indonesia. (Antaranews)

"Saya tampil habis-habisan. Saya ingin memberi yang terbaik. Alhamdulillah, doa kita semua dikabulkan Allah," katanya.

Meski pensiun sebagai atlet, Niza tak lantas ingin meninggalkan dunia wushu yang telah membesarkan namanya. Ia berharap, ke depannya bisa berkarier sebagai pelatih wushu sembari menjalankan profesinya sebagai aparatur sipil negara (ASN).

"Saya mohon maaf kepada semua pihak kalau ada salah-salah dan saya juga berterima kasih atas semua atensi serta dukungan yang diberikan selama ini," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X