Kopassus Seriusi Pembinaan Olahraga Usia Dini

- Sabtu, 9 November 2019 | 10:18 WIB
Turnamen sepak bola Tribuana Cup II U-8. (Indozone/Fauzi)
Turnamen sepak bola Tribuana Cup II U-8. (Indozone/Fauzi)

Sebagai satuan elite yang dimiliki oleh TNI AD, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) juga memiliki program-program pembinaan teritorial, untuk membangun sinergi sekaligus kepedulian dengan masyarakat. Misalnya saja pembinanan olahraga kepada anak-anak usia dini. 

Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menuturkan, pembinaan bibit-bibit olahragawan muda, khususnya yang berada di sekitar wilayah Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, sejalan dengan keinginan untuk membangun bangsa melalui sumber daya manusianya (SDM).

"Kita harus membangun bangsa ini melalui generasi muda. Seperti kata Presiden Joko Widodo, SDM unggul maka Indonesia unggul. Kita harus menyiapkan generasi muda yang akan meneruskan estafet kita. Kita tidak bisa membangun masa depan untuk generasi muda. Tetapi kita bisa membangun generasi muda untuk masa depan," jelas Danjen Kopassus, Jumat (8/11).

-
(Indozone/Fauzi)

 

Lanjutnya, wujud nyata pembinaan generasi muda yang dilakukan oleh Kopassus salah satunya adalah melalui olahraga, dimana Kopassus menyelenggarakan berbagai pembinaan olahraga, mulai dari sepak bola hingga bela diri untuk anak-anak usia dini. Sehingga, anak-anak memiliki kegiatan positif dan bisa berprestasi.

"Pak Tono (Suratman) Ketua Umum KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) mengharapkan lahir bibit-bibit atlet potensial dan berprestasi dari lingkungan Makopassus khususnya, serta Cijantung umumnya. Makanya kita lakukan pembinaan, seperti sepak bola anak-anak, kita punya SSB Tribuana," tandas peraih Adhi Makayasa - Trisakti Wiratama Akademi Militer 1990 ini. 

Terpisah, Asisten Teritorial (Aster) Danjen Kopassus Kolonel Inf Fierman Sjafirial Agustus menambahkan, Kopassus concern melakukan pembinaan bibit-bibit olahragawan sejak usia dini. Selain berprestasi di tingkat nasional, ada pula anak-anak yang sudah berprestasi di dunia internasional.

-
(Indozone/Fauzi)

 

"Anak-anak di lingkungan asrama Makopassus, Cijantung Jakarta Timur selama ini memiliki banyak bakat dan prestasi di dunia olahraga. Bahkan beberapa di antaranya sudah tingkat internasional, seperti Judo, Panahan, Karate dan Tekwoondo. Untuk itu, kami buatkan wadah untuk anak-anak ini mengembangkan dan mengasah bakatnya. Wadah tersebut berada di bawah naungan Staf Teritorial Kopassus," singkatnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X