7 Macam Pukulan dalam Olahraga Bulu Tangkis

- Kamis, 17 November 2022 | 22:00 WIB
Pebulu tangkis Indonesia, Jonatan Christie. (pbsi.id)
Pebulu tangkis Indonesia, Jonatan Christie. (pbsi.id)

Olahraga bulu tangkis bisa dibilang menjadi primadona di Indonesia. Pasalnya, banyak prestasi yang sudah ditorehkan oleh atlet-atlet dari cabang olahraga tersebut di kancah dunia.

Ada berbagai macam teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis dan harus dikuasi oleh seorang pemain. Berikut teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dirangkum dari berbagai sumber:

Teknik forehand 

Teknik forehand adalah teknik pukulan yang paling dasar dalam permainan bulu tangkis. Teknik ini dilaksanakan dengan cara mengayunkan raket dari belakang badan ke arah depan. 

Seperti halnya mengatur telapak tangan agar berada di hadapan kok. Biasanya teknik ini digunakan dekat dengan garis belakang lapangan permainan, dan bertujuan mengarahkan bola ke titik terjauh garis permainan lawan. 

Baca Juga: Ukuran Lapangan Badminton Standar Internasional dan Nasional

Teknik drop shot 

Teknik ini untuk mengincar wilayah lawan yang berada sedekat mungkin dengan net. Adapun drop shot ini adalah teknik yang akan berguna untuk menipu lawan, sehingga pemain tersebut dapat memperoleh poin. 

Sebelum menerapkannya, penting pemain lebih dahulu melihat posisi lawan terlebih dahulu sebelum melakukan teknik ini. Ketika lawan berada jauh dari bibir net, pemain bisa melancarkan pukulan tersebut. 

Teknik lob 

Teknik pukulan yang bertujuan mengarahkan kok setinggi mungkin dan jauh ke belakang garis lawan, sehingga biasa disebut sebagai pukulan lob. 

Cara ini biasa dipakai untuk bertahan ataupun membuka peluang melancarkan serangan. Cara melakukan teknik ini bisa melalui pukulan kok dari arah bawah. Jika mampu melakukannya dengan sempurna, kok nanti melambung tinggi dan mengarah ke bidang permainan lawan bagian belakang.

Teknik smash 

Teknik ini cukup sulit dilakukan dibanding teknik lain dan paling populer dalam permainan bulu tangkis. Di mana teknik ini bertujuan agar kok melaju tajam dan kencang ke pertahanan lawan. 

Cara memukulnya menggunakan kekuatan otot bahu dan lengan. Pukulan ini sebaiknya dilakukan ketika posisi kok berada tepat di atas pemain. Paling penting, pastikan kok berada pada jarak yang cukup tinggi. Pukul kok tersebut menggunakan bagian tengah permukaan raket.

Teknik drive 

Jenis pukulan drive banyak dilakukan di nomor ganda. Hal itu bertujuan mengembalikan bola setelah mendapat serangan dari lawan. 

Cara melakukan pukula itu yaitu mengarahkan kok ke wilayah lawan melalui laju yang cukup kencang. Shuttlecock tersebut harus melewati net dengan posisi sedikit di atasnya. Teknik ini dibutuhkan kekuatan pergelangan tangan serta keterampilan menggunakan raket yang tinggi dalam melakukan teknik ini.

Teknik netting 

Teknik netting adalah pukulan yang meluncurkan kok agar dapat jatuh dekat dengan net wilayah lawan. Dibanding teknik lain, pukulan yang dilakukan cenderung lebih pendek dan mengarah tipis dari net. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X