2 Prajurit Kopassus Sumbang Medali di SEA Games 2019

- Selasa, 3 Desember 2019 | 16:08 WIB
Pratu Rio dan Lettu Inf Safrin Sihombing saat menyanyikan Lagu Indonesia Raya usai pengalungan medali. (Kemenpora.go.id/Bagus)
Pratu Rio dan Lettu Inf Safrin Sihombing saat menyanyikan Lagu Indonesia Raya usai pengalungan medali. (Kemenpora.go.id/Bagus)

Kontingen petembak Indonesia membuat kejutan, di hari pertama pertandingan Olahraga Menembak dalam ajang SEA Games 2019 Filipina yang dihelat di Philippine Marine Shooting Range Total, Manila, Senin (2/12).

Raihan dua emas, dua perak dan 1 perunggu membuat PB Perbakin yang menaungi Olahraga Menembak di Tanah Air lega. Sebab, mampu menyumbang 5 medali bagi Kontingen Indonesia.

"Awal yang cukup bagus, di hari pertama kita langsung mendapatkan dua emas, dua perakdan satu perunggu," kata Sekjen PB Perbakin Firtian Yudit Swandarta.

Dari lima medali yang diraih petembak Indonesia kemarin, satu emas dan satu perak dihasilkan oleh dua petembak yang juga prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI, yakni Pratu Rio Danu Utama Thabu dan Lettu Inf Safrin Sihombing

-
(Pen Kopassus)

 

Keduanya turun di Nomor Pistol Men PPC WA 1.500. Rio mampu mencatatkan skor total 1142-57x dan Safrin mencatatkan skor total 1435-53x, sehingga berhak atas medali emas dan perunggu.

"Lettu Inf Safrin Sihombing dan Pratu Rio Danu Utama Thabu merupakan prajurit Kopassus. Masing-masing berdinas di Sat-81 Kopassus dan Grup-1 Kopassus," ujar Kepala Penerangan Kopassus Letkol Inf Susilo saat dihubungi Indozone, Selasa (3/12). 

-
(Pen Kopassus)

 

Di kalangan atlet menembak militer internasional, Lettu Inf Safrin Sihombing bukanlah sosok asing. Sejak awal tahun 2000-an, ia sudah bergabung dengan kontingen menembak TNI AD, yang mewakili Indonesia dalam berbagai ajang lomba menembak antar Angkatan Darat di dunia. Puluhan medali dan piala pun dikoleksinya.

ASEAN Armies Rifle Meet (AARM), ajang lomba menembak antar Angkatan Darat se-ASEAN, serta Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) yang diikuti negara-negara elite, seperti Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Kanada hingga Korea, merupakan dua ajang langganan Safrin mengharumkan nama Indonesia.

-
(Pen Kopassus)

 

Berkat sumbangsihnya dalam mengharumkan nama Indonesia lewat Olahraga Menembak, Safrin pun mendapat apresiasi satu unit rumah dari Kepala Staf TNI AD ketika itu, Jenderal TNI Mulyono tahun 2017.  

Sementara, Pratu Rio sendiri selain di dalam negeri, juga pernah menjadi juara dalam AARM 2018, serta SEASA 2019. Di kedua kejuaraan ini, Pratu Rio meraih juara 1.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X