Ini Alasan Kenapa Indonesia Bisa Disalip Thailand dan Vietnam

- Selasa, 10 Desember 2019 | 10:06 WIB
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dalam perolehan medali SEA Games 2019, Indonesia berada di peringkat empat, dengan 70 emas, 77 perak dan 99 perunggu pada Selasa (10/12), setelah sebelumnya berada di peringkat kedua setelah Filipina.

Namun, dua hari menjelang penutupan, Indonesia disalip oleh Thailand dan Vietnam yang mendapatkan banyak medali emas.

Dari catatan resmi SEA Games 2019, pada Senin (09/12) Thailand berada di peringkat kedua setelah mendapatkan 27 medali emas dan Vietnam yang meraih 16 medali emas.

-
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Sedangkan Indonesia hanya berhasil memborong empat medali emas, yang disumbangkan oleh Hendro dari nomor jalan cepat 20km, Emilia Nova dari lari gawang 100m putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang menjuarai bulu tangkis ganda putri, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dari nomor ganda campuran.

-
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Sementara Thailand panen emas di cabang olah raga atletik dan tinju di mana masing-masing menyumbangkan lima medali emas. Selain itu, Thailand mendapatkan medali emas dari cabang olahraga menembak, sepak takraw, balap sepeda, selancar angin, voli pantai putri, dan esport.

Sedangkan Vietnam  membawa pulang empat medali emas dari taekwondo, tiga emas dari karate, dan tiga emas dari panahan. Vietnam juga berhasil naik ke peringkat tiga setelah mendapatkan 16 medali emas sehingga menggeser posisi Indonesia.

Perolehan emas Vietnam hari itu datang dari cabang gulat di mana mereka menjuarai lima nomor, setelah itu tiga emas datang dari senam aerobik.

-
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dalam cabang bela diri, Vietnam mendapat dua medali emas dari taekwondo, kickboxing dan atletik. Sedangkan medali emas lainnya berasal dari tinju dan karate, dengan masing-masing satu medali emas.

Satu hari menjelang penutupan SEA Games, Indonesia sulit untuk menaikkan jumlah perolehan medali, karena hanya ada 10 nomor yang berpeluang mendapatkan emas. Sedangkan saat ini Vietnam unggul 10 medali emas dari Indonesia dan diprediksi jumlah medalinya terus bertambah.

Sementara itu, Thailand yang berada di posisi ke-2 memborong 84 emas, 91 perak dan 102 perunggu. Sedangkan Filipina yang menjadi tuan rumah berada di klasemen pertama dengan 135 emas, 103 perak dan 105 perunggu. Ada 90 medali emas tersisa untuk diperebutkan di hari terakhir.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X