The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Thailand Patahkan Rekor 6 Emas Beruntun Bulu Tangkis Beregu Putra Indonesia di SEA Games
Pebulu tangkis putra Indonesia di SEA Games 2021. (Instagram/@badminton.ina)
Sport

Thailand Patahkan Rekor 6 Emas Beruntun Bulu Tangkis Beregu Putra Indonesia di SEA Games

Harus puas dengan medali perunggu.

Rabu, 18 Mei 2022 13:50 WIB 18 Mei 2022, 13:50 WIB

INDOZONE.ID - Rekor tim bulu tangkis beregu putra Indonesia meraih medali emas dalam 6 edisi SEA Games beruntun dipatahkan Thailand. Tim Merah Putih harus puas hanya membawa pulang medali perunggu setelah takluk di tangan Thailand pada babak semifinal, Selasa (17/5/2022).

Bertanding di Bac Giang Gymnasium, Bac Giang, Vietnam, Indonesia yang menurunkan para pemain muda menyerah dengan skor 2-3 dari Thailand.

Indonesia untuk pertama kalinya menyabet medali perunggu beregu putra SEA Games, memutus dominasi Merah Putih yang selalu merebut emas sejak SEA Games 2007 di Thailand.

Perolehan perunggu itu juga menjadi yang pertama kali sejak bulu tangkis Indonesia berpartisipasi pada kejuaraan kawasan Asia Tenggara tersebut pada 1977 silam.

Indonesia sebelumnya juga pernah gagal meraih emas dan harus puas dengan medali perak pada 3 edisi SEA Games, yaitu 1989, 1991, dan 2005.

Baca Juga: Tim Futsal Indonesia Fokus Hadapi Thailand di SEA Games 2021 Demi Medali Emas

Merah Putih sejauh ini masih mendominasi emas SEA Games dengan mengumpulkan 17 emas dari sektor beregu putra sejak berpartisipasi pada edisi 1977 hingga 2019. Hanya pada SEA Games 2013 Myanmar, nomor beregu putra tidak dipertandingkan.

Pelatih tunggal putra Indonesia Harry Hartono mengakui bahwa anak asuhnya memang kalah jauh secara pengalaman dibanding pemain Thailand.

Dari 5 partai yang dimainkan pada babak semifinal, semua pemain tunggal putra yang diturunkan gagal menyumbang poin untuk Indonesia. Chico Aura Dwi Wardoyo, Christian Adinata, dan Bobby Setiabudi sama-sama belum mampu mengatasi perlawanan lawannya.

Dua kemenangan Indonesia disumbangkan oleh sektor ganda putra melalui Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Y. Rambitan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Adapun laga perebutan medali emas beregu putra SEA Games 2021 Vietnam akan mempertemukan Thailand dan Malaysia. 

Sementara tim bulu tangkis putri Indonesia masih berpeluang menyumbang emas dalam laga final kontra Thailand, Rabu (18/5/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

Fahmy Fotaleno
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US