Mengapa Latihan Grand Prix F1 Monaco Selalu Diadakan Hari Kamis?

- Kamis, 20 Mei 2021 | 16:19 WIB
Balapan Formula 1. (REUTERS/JUAN MEDINA)
Balapan Formula 1. (REUTERS/JUAN MEDINA)

Grand Prix Monaco selalu menjadi balapan favorit di akhir pekan bagi para penggemar, tetapi ada beberapa tradisi yang membuatnya tidak biasa.

Lewis Hamilton memimpin perlombaan menuju balapan Eropa kedua dan 7.500 penggemar per hari akan berbondong-bondong ke Monte Carlo akhir pekan ini.

Awalnya, Grand Prix Monaco diadakan pada akhir pekan Hari Kenaikan Yesus Kristus yang merupakan hari libur bank di sana.

Ini berarti balapan tidak diadakan pada hari Jumat sehingga lalu lintas dapat melewati Monte Carlo untuk hari itu.

Meski acara berganti akhir pekan, tradisi tetap mengizinkan jalan dibuka untuk umum lagi.

Adakah cara lain yang membedakan Monaco dari balapan lain?

Di masa lalu ada banyak cara lain di mana Monaco berbeda dari balapan lain, tetapi perlahan-lahan sejalan dengan sisa balapan akhir pekan.

Hingga akhir 1990-an, balapan dimulai pada pukul 15.30 waktu setempat yang merupakan satu setengah jam lebih lambat dari balapan Eropa lainnya tetapi sejak itu balapan tersebut tidak sesuai dengan yang lain karena jadwal TV.

Selain itu, jumlah mobil balap yang digunakan juga berbeda.

Mengingat jalan yang sempit, penyelenggara juga akan memiliki lebih sedikit mobil di Monaco akhir pekan dibandingkan balapan lainnya. Akhirnya sampai tahun 2007 tidak ada podium.

Ketika pembalap selesai, mereka akan memarkir mobil mereka untuk pemeriksaan resmi dan 3 pembalap pertama akan berjalan langsung ke kotak kerajaan untuk upacara tersebut.

Jadwal Grand Prix Monaco 2021?

Kamis, 20 Mei 2021

Latihan 1 - 10.30 sampai 11.30
Latihan 2 - 2 siang sampai 3 sore

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X