Tersentuh Kisah Perjuangan, Netizen Indonesia Banjiri IG Pebulu Tangkis Kevin Cordon

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 14:26 WIB
Pebulu tangkis asal Guatemala, Kevin Cordon. (REUTERS/Hamad I Mohammed)
Pebulu tangkis asal Guatemala, Kevin Cordon. (REUTERS/Hamad I Mohammed)

Meski gagal meraih perunggu setelah ditekuk Anthony Sinisuka Ginting, penampilan pebulu tangkis asal Guatemala Kevin Cordon di Olimpiade Tokyo 2020 berhasil menyedot perhatian banyak netizen Indonesia di media sosial.

Cordon yang berada di peringkat 59 dunia menjadi kuda hitam di cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. Di luar dugaan, dia mampu melesat hingga ke babak semifinal.

Perjalanan Cordon di semifinal terhenti setelah dikandaskan pebulu tangkis nomor dua dunia asal Denmark, Viktor Axelsen. Lalu saat perebutan medali perunggu, Cordon ditumbangkan oleh Anthony Sinisuka Ginting.

Berasal dari negara dimana bulu tangkis bukan olahraga populer, perjuangan Cordon hingga bisa tampil di Olimpiade begitu menginsipirasi banyak orang.

Cordon lahir di Zapaca, sebuah desa terpencil di Guatemala. Sejak berusia 12 tahun, dia sudah meninggalkan orangtuanya untuk mengikuti pelatihan nasional di Guatemala City.

Salah satu alasan Cordon menekuni bulu tangkis adalah agar dia bisa tampil di Olimpiade. Padahal sejak kecil dia sudah dituntun oleh sang ayah agar menjadi pemain sepak bola yang merupakan olahraga populer lazimnya negara-negara Amerika Selatan.

Tercatat, Cordon sudah empat kali menjadi seorang Olympian. Olimpiade pertama diikutinya pada Beijing 2008, lalu berlanjut ke London 2012 dan Rio 2016. Baru di Tokyo 2020, Cordon mengukir sejarahnya sendiri.

Untuk ukuran negaranya, Cordon bisa dibilang termasuk sebagai pebulu tangkis yang sukses meski sangat jarang mengikuti kompetisi domestik bulu tangkis dunia karena keterbatasan biaya.

Namun di multievent regional negara-negara Amerika Selatan, Cordon menjadi langganan medali emas. Sayangnya, prestasi Cordon tersebut tak dibarengi oleh infrastruktur olahraga yang memadai.

Cordon menyadari bahwa dirinya berasal dari negara kecil yang korupsi. Namun dengan semangat juang yang tinggi, Cordon ingin mematahkan dominasi negara Eropa dan Asia di olahraga bulu tangkis.

Kisah perjuangan Cordon di pentas olahraga tertinggi sedunia itu pun menyentuh perasaan netizen Indonesia di media sosial. Netizen terus membanjiri Instagram Cordon untuk memberikan semangat dan dukungan.

"Huge respect to you Kevin!! love from Indonesia," kata bucinginting.

"Hi, Kevin. I'm speechless. your skill, your speed, and your spirit that was amazing. I love the way you when get poin by poin on the games. Good luck for your next tournament. You was so inspiring for me. God bless you, the great olimpian, kevin cordon. love from indonesia," ujar maeyetria_

"Big respect from indonesia, Mr.Cordon. You are Such a great athlete. Inspiring," kata imfaruqi.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X