Tim Indonesia Jalani Pemulihan Psikologis Setelah Gagal di Piala Sudirman

- Senin, 4 Oktober 2021 | 15:08 WIB
Atlet bulu tangkis Indonesia (Instagram/badminton.ina)
Atlet bulu tangkis Indonesia (Instagram/badminton.ina)

Tim bulu tangkis Indonesia menjalani pemulihan kondisi psikologis usai kegagalan dalam ajang Piala Sudirman yang digelar di Energia Areena, Vantaa, Finlandia mulai 26 September hingga 3 Oktober 2021.

Psikolog tim bulu tangkis Indonesia Endro Wibowo, mengatakan dia dan timnya berupaya memompa kembali semangat, motivasi, dan daya juang para pemain.

“Kondisi tim saat ini memang sedang dalam pemulihan, sembari mengevaluasi kegagalan yang kemarin terjadi di Piala Sudirman. Ini dilakukan agar tim lebih matang dan lebih siap lagi pada ajang perebutan Thomas dan Uber Cup pekan depan,” kata Endro, dikutip dari Antara, Senin (4/10/2021).

Endro menilai penyebab kekalahan tim Merah Putih di Piala Sudirman adalah karena faktor kelengahan, kehilangan konsentrasi dan fokus, sehingga gagal menerapkan strategi bermain terbaik.

“Para pemain sebenarnya telah berupaya keras memberikan yang terbaik saat bertanding, namun ada sedikit kelengahan, seperti hilang fokus di lapangan. Hal ini dapat dimanfaatkan lawan, sehingga mengakibatkan kekalahan,” ujar Endro.

Tim Indonesia selanjutnya akan fokus pada pertandingan Piala Thomas-Uber yang diselenggarakan pada 9-17 Oktober 2021 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

“Kami akan mengembalikan kepercayaan diri para pemain, karena pada dasarnya mereka adalah pemain hebat dan andalan Indonesia,” tutur Endro.

“Selain itu, pemain harus meningkatkan fokus saat di lapangan, poin demi poin, dan tidak boleh merasa sudah unggul meski sudah jauh memimpin. Tetap fokus sampai pertandingan selesai,” tambahnya.

Salah satu cara untuk membangkitkan kembali semangat juang dan kepercayaan diri tim Indonesia adalah dengan mengobrol. Sehingga mereka bisa kembali menemukan kelebihan dan alasan pantas masuk tim.

Diketahui, Indonesia terhenti di babak perempat final Piala Sudirman setelah takluk 2-3 dari Malaysia. Pada akhirnya, China kembali jadi juara Piala Sudirman untuk ke-12 kali usai menundukkan Jepang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X