Persiapan Menuju Olimpiade, Menpora Akan Bangun Fasilitas Training Camp di Cibubur

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 23:02 WIB
Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah (kanan) melakukan angkatan saat sesi latihan Arena Angkat Besi Olimpiade Tokyo 2020, Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Kamis (22/7/2021).  (photo/ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Ilustrasi)
Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah (kanan) melakukan angkatan saat sesi latihan Arena Angkat Besi Olimpiade Tokyo 2020, Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Kamis (22/7/2021). (photo/ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Ilustrasi)

Menpora Zainudin Amali mengungkapkan pemerintah akan membangun training camp di Cibubur, Jakarta Timur sebagai tempat latihan terpusat para atlet dari berbagai cabang olahraga dalam persiapan menuju Olimpiade kedepannya.

Pembangunan pusat pelatihan itu disebut merupakan langkah Kemenpora tidak hanya untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional di Olimpiade, tetapi juga menjadi pusat pelatihan para atlet nasional agar tidak lagi terpencar seperti sekarang.

Namun training camp itu nantinya diperuntukkan hanya bagi cabang-cabang olahraga unggulan yang konsisten dipertandingkan di Olimpiade, seperti angkat besi, atletik, dan panahan.

Sementara khusus cabang bulu tangkis, Zainudin mengatakan fasilitas di Pelatnas PBSI di Cipayung sudah cukup lengkap sehingga hanya perlu perbaikan saja.

“Cabang-cabang unggulan itu nanti akan kami tempatkan di satu training camp. Sekarang sementara ini akan kami bangun. Tentu yang bangun bukan kami, itu akan dibangun Kementerian PUPR,” kata Zainudin,” Rabu (11/8) dikutip dari ANTARA.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Ajak Masyarakat Untuk Hijrah dari Produk Impor

Zainudin menjelaskan tempat latihan nantinya akan dibangun dengan fasilitas lengkap, seperti tempat penginapan layaknya hotel, trek jogging, serta berbagai macam fasilitas yang mengedepankan sport science.

“Kami meniru negara-negara yang sudah sangat maju, di situ ada psikolognya, ahli gizinya, kemudian sekolah mereka juga kami perhatikan bagi yang masih sekolah dan berbagai kebutuhan mereka (terpenuhi) sehingga mereka fokus untuk latihan,” ujarnya.

“Jadi mulai dari fisik, taktik, strategi dan mental itu semua kami akan lengkapi itu supaya mereka juga siap secara fisik dan mental.”

Zainudin berharap dengan perencanaan dan pembinaan yang berkualitas serta didukung oleh fasilitas yang lengkap, training camp di Cibubur bisa meningkatkan prestasi olahraga nasional terutama di Olimpiade.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X