Evaluasi Tes Pramusim MotoGP 2022, Aspal Sirkuit Mandalika bakal Dilapis Ulang

- Rabu, 16 Februari 2022 | 15:33 WIB
Pebalap LCR Honda Alex Marquez keluar lintasan pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Jumat (11/2/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)
Pebalap LCR Honda Alex Marquez keluar lintasan pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Jumat (11/2/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Menyusul evaluasi dari federasi balap sepeda motor internasional (FIM) pasca tes pramusim MotoGP 2022 di trek Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akhir pekan lalu, Dorna Sports menyebut sebagian lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika akan diaspal ulang.

Pada dasarnya, para pebalap dan tim menyukai layout dan desain sirkuit sepanjang 4,3 km tersebut, serta standard keamanan, termasuk area runoff, gravel yang sangat lebar.

Akan tetapi, mereka juga mengeluhkan kondisi trek yang kotor, berdebu dan bahkan banyaknya batu-batu kecil di lintasan.

"FIM, yang mengawasi homologasi trek, telah berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) soal perbaikan yang diperlukan, yang akan dilaksanakan hingga minimal 7 hari sebelum Pertamina Grand Prix of Indonesia," bunyi pernyataan resmi Dorna, Selasa (15/2/2022).

"Seluruh pihak telah bereaksi dengan cepat dan pengerjaan menuju pembenahan tersebut telah mulai dilaksanakan, termasuk pelapisan ulang sebagian dari trek. Sirkuit akan dilapis ulang mulai dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5."

Baca Juga: Tentang F1 GP Bahrain 2022: dari Jadwal hingga Peserta

"Venue ini juga akan mempersiapkan diri untuk Grand Prix dengan menerapkan teknologi terdepan di dunia untuk memastikan permukaan (trek) memenuhi standard MotoGP."

Sementara itu, ITDC selaku pengembang dan pemilik sirkuit telah sepakat dengan penilaian dan permintaan dari FIM.

Selama tes pramusim, penyelenggara mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki, yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan.

Selain melakukan pembenahan lintasan, ITDC juga akan membenahi, fasilitas pendukung, akomodasi dan teknis penyelenggaraan balapan yang akan berlangsung pada 18-20 Maret tersebut.

Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika (11-13 Februari 2022) membawa MotoGP kembali ke Indonesia untuk pertama kalinya setelah absen 25 tahun.

Tes selama 3 hari itu menjadi bagian penting bagi tim dan pebalap dalam mengembangkan tunggangan mereka serta memperoleh pengalaman di sirkuit baru itu sebelum menjalani Grand Prix Indonesia pada Maret nanti.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X