Kamu Harus Tahu, Ini Dia Kategori Kelas dan Berat dalam Olahraga Tinju

- Jumat, 10 Juni 2022 | 22:15 WIB
Mike Tyson. (Instagram/@miketyson)
Mike Tyson. (Instagram/@miketyson)

Tinju atau boxing merupakan jenis olahraga melakukan pertarungan fisik menggunakan tangan. Mereka akan bertanding di arena yang disebut ring. Pertandingan tinju di bagi atas beberapa round (ronde).

Olahraga ini adalah seni bela diri yang dilakukan oleh dua orang yang saling berhadapan dan bertanding antara keduanya, dengan menggunakan tinju dalam waktu 1 ronde selama 3 menit.

Pada waktu yang di tetapkan, keduanya harus berusaha memukul banyak pukulan kepada lawannya dan memperoleh angka atau kemenangan KO (knock out). Olahraga ini juga dipertandingkan melalui berbagai event-event olahraga nasional maupun internasional.

Olahraga tinju termasuk olahraga yang sangat berkembang dan sangat diminati. Walaupun sebenarnya olahraga ini sangat keras karena risiko yang dihadapi oleh para petinju sangat banyak, mulai dari cacat hingga kematian. Meskipun begitu, hal ini tidak menjadikan para pemain tinju untuk berhenti dalam dunia tinju.

Baca Juga: Fakta Black Adam: Mati saat Jadi Manusia dan Hidup Kembali Sebagai Dewa

Olahraga tinju sebenarnya terbagi pada banyak kelas, tergantung dari berat tubuh para petinju. Oleh karena itu, olahraga tinju terbagi menjadi dua jenis, tinju kelas amatir dan tinju kelas profesional.

Perbedaan peraturan terhdap kedua kelas ini, dapat dilihat dari penggunaan perlengkapan tinju yang digunakan. Para petinju amatir harus menggunakan pelindung kepala dan sarung 8-12 ounce. Sedangkan petinju profesional tidak menggunakan pelindung kepala dan hanya menggunakan sarung tinju saja.

1. Kelas dengan berat tak terbatas yang merupakan kelas petinju paling tinggi atau kelas berat. Dalam bahasa internasional versi WBA, WBC, IBF dan WBO disebut Heavyweight.

2. Kelas penjelajah. Badan tinju dunia WBA, WBC, IBF menggunakan istilah cruiserweight. Sementara untuk versi WBO digunakan istilah Junior heavyweight. Berat badan petinju di kelas ini 90,7 kg (200 pound).

3. Kelas berat ringan. Dengan berat badan 79,4 kg (175 pound). Nama internasionalnya dikenal dengan light heavyweight.

4. Kelas menengah super. Dengan berat badan 76,2 kg (168 pound). Nama internasionalnya dikenal dengan Super middleweight.

5. Kelas menengah. Dengan berat badan 72,6 kg (160 pound). Istilah dalam resmi dalam badan tinju dunia Super middle weight.

6. Kelas menengah junior. Dengan berat badan 69,9 kg (154 pound). WBA dan WBC menyebutnya Super welterweight. Sementara versi IBF dan WBO menamakan ini kelas Junior middleweight kelas menengah junior.

7. Kelas welter. Dengan berat badan 66,7 kg (147 pound). Nama internasionalnya dikenal dengan welterweight.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X