Renang Gaya Dada: Teknik, Cara dan Manfaatnya Bagi Tubuh

- Sabtu, 10 September 2022 | 15:00 WIB
ilustrasi renang gaya dada (active.com)
ilustrasi renang gaya dada (active.com)

Siapa yang tidak mengenal olahraga renang? Renang adalah salah satu olahraga air yang paling banyak diminati karena memiliki manfaat yang cukup baik bagi pertumbuhan tubuh.

Selain menjadi olahraga, renang juga bisa menjadi sarana rekreasi dan penghilang stress bagi Kamu yang sudah suntuk dengan urusan pekerjaan .

Tidak hanya sekedar menyemplung di "air" saja, ternyata ada banyak sekali teknik dasar dalam berenang, salah satunya yaitu renang gaya dada yang cocok bagi pemula.

Jika Kamu ingin menguasai teknik renang gaya dada, maka Kamu harus mengetahui lebih dulu pembahasan renang gaya dada, mulai dari teknik dasar, cara dan manfaatnya bagi tubuh.

Tentang Renang Gaya Dada untuk Pemula

-
ilustrasi renang gaya dada (freepik.com)

Renang gaya dada (breaststroke) merupakan salah satu teknik berenang yang paling dasar dan mudah bagi pemula. Maka tidak heran jenis gaya ini merupakan pembuka sebelum belajar gaya lain.

Di Indonesia itu sendiri, jenis gaya renang ini disebut dengan renang gaya katak karena posisi kepala tetap berada di atas permukaan air layaknya seekor katak.

Salah satu alasan renang gaya katak ini mudah dilakukan, karena teknik gaya katak ini dilakukan secara santai dengan bisa bergantian setelah masuk kedalam air untuk mengambil nafas.

Ketika baru belajar teknik gaya ini memang harus dibimbing oleh seorang instruktur karena kemungkinan besar Kamu belum terbiasa dan merasa takut saat menenggelamkan kepala ke dalam air.

Teknik dan Cara Berenang Gaya Dada yang Mudah

-
ilustrasi renang gaya dada (freepik.com)

Bagi kamu pemula, jika ingin mencoba coba melakukan gaya dada ini, berikut cara melakukan teknik renang gaya dada yang mudah dilakukan di rumah.

1. Posisi Kepala dan Tubuh

Teknik pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu posisi kepala dan tubu yang harus sinkron karena saat berada didalam air, posisi harus lurus dan kepala menghadap kedepan sejajar dengan tubuh

Selain itu, Kamu juga harus menjaga kondisi bahu dan leher untuk bisa melakukan gerakan lengan meluncur ke depan, yang terpenting posisikan kepala sedikit menunduk untuk mencegah air.

2. Gerakan Tangan

Teknik kedua, yang harus kamu perhatikan yaitu gerakan tangan. Pertama, arahkan kedua lengan dengan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan saling bertemu. Lalu dorong tubuh kamu agar meluncur kedepan.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu Gerakan kedua lengan dengan membentuk lingkaran kedua tubuh. Setelah itu satukan kedua telapak tangan pada dada.

Tidak hanya itu, Luruskan Kembali kedua lengan ke depan. Lalu mulailah Gerakan lengan

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X