Cedera Pungung Bawah, Ginting Tarik Diri dari Japan Open 2022

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:41 WIB
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting. (Instagram/@badminton.ina)
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting. (Instagram/@badminton.ina)

Cedera punggung bawah membuat pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mundur dari Japan Open 2022

Seharusnya, Ginting tampil di babak pertama (32 besar) turnamen BWF Super 750 itu pada Rabu (31/8/2022) melawan wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn.

Menurut dokter Pelatnas PP PBSI yang menyertai tim Indonesia di Osaka, Jepang, Grace Joselini Corlesa, Ginting mengalami cedera punggung bawah atau low back pain.

"Ginting mengalami cedera punggung bawah atau kita sebut low back pain. Dia sudah menjalani terapi dan tata laksana medis sejak ada keluhan setelah babak perempat final di Kejuaraan Dunia melawan Viktor Axelsen di Tokyo pekan lalu," kata dokter Grace dikutip dari Antara, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: Tersingkir dari Kejuaraan Dunia 2022, Fajar/Alfian Kaget dengan Strategi The Daddies

Grace mengatakan, Ginting belum bisa bermain maksimal meski kondisinya membaik sehingga tarik diri dari turnamen.

"Sampai kemarin ada perkembangan membaik, tapi bila dipaksakan untuk bermain hasilnya pasti tidak maksimal dan bahkan risiko cederanya makin parah," tutur Grace.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky membenarkan keputusan Pelatnas untuk menarik keikutsertaan Ginting dari Japan Open 2022 akibat cedera punggung.

 Bahkan Rionny juga mendapat informasi dari pelatih tunggal putra Irwansyah, yang menuturkan bahwa Ginting sempat merasakan sakit di punggungnya saat mengambil shuttlecock dalam pertandingan kontra Axelsen.

"Ginting masih mencoba latihan 2 hari kemarin, tapi memang dia bilang tidak sanggup untuk bertanding karena rasa sakit apalagi ketika menunduk. Rekomendasi dokter juga tidak memberikan izin untuk dia bertanding, jadi kami putuskan untuk menariknya," jelas Rionny.

Rionny berharap dengan penanganan yang baik, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu bisa cepat pulih. Ginting rencananya akan pulang lebih awal ke Jakarta untuk mendapat perawatan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X