Pernah Jadi Petani hingga Penjual Buah, Oleksandr Usyk Kini Siap Jegal Anthony Joshua

- Jumat, 24 September 2021 | 17:44 WIB
Petinju Ukraina Oleksandr Usyk dalam konferensi pers jelang lawan Anthony Joshua (Reuters/Andrew Couldridge)
Petinju Ukraina Oleksandr Usyk dalam konferensi pers jelang lawan Anthony Joshua (Reuters/Andrew Couldridge)

Petinju Ukraina, Oleksandr Usyk yang akan melawan Anthony Joshua dalam perebutan sabuk juara kelas berat WBA, WBO, dan IBF pada Sabtu (25/9/2021). Usyk yang menantang Joshua hidup susah sebelum menjadi petinju.

Usyk baru melakukan debutnya di divisi heavyweight pada 2019, setelah mengalahkan semua petinju di level cruiserweight.

Baca Juga: Heboh Perkelahian Berdarah saat Konferensi Pers, Saul Alvarez Marah Ibunya Dihina

Tapi dia sudah mengalahkan petinju bintang lainnya seperti Chazz Witherspoon dan Derek Chisora sebelum akhirnya bakal bertarung dengan Anthony Joshua.

Jika dia menang, itu akan menjadi perjalanan yang luar biasa bagi Usyk, yang baru menjadi petinju profesional pada usia 26 setelah bertarung dalam 350 pertarungan amatir.

Pada 2012, ia memenangkan medali emas di Olimpiade 2012 - setahun setelah ia mencapai prestasi yang sama di Kejuaraan Dunia.

Usyk lahir di wilayah Krimea Ukraina di kota Simferopol pada tahun 1987, dan segera didorong ke dalam kehidupan di mana satu-satunya pembebasannya adalah olahraga.

"Sebagai seorang anak, saya melakukan beberapa gulat, pertarungan tangan kosong, karate ... Tapi tanpa fanatisme," ungkapnya.

"Kami akan melakukan push-up, squat, terkadang mempelajari beberapa teknik sederhana."

Berasal dari keluarga miskin, Usyk harus menghidupi keluarganya sebelum menjadi petinju profesional. Ia bekerja di pertanian, serta mengumpulkan dan menjual buah dan es krim di jalanan untuk memenuhi kebutuhan.

"Saya menjual es krim, saya menjual aprikot, saya menjual buah persik, saya bekerja di pertanian, saya menggembalakan ternak," katanya.

"Saya tidak malu dengan ini, karena semua yang saya lakukan, saya lakukan untuk bertahan hidup. Saya ingin membantu keluarga saya dan itu normal."

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X