Mengenal Stadion Indonesia Arena, Venue Piala Dunia Basket 2023

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 14:42 WIB
Sekretaris Jenderal FIBA Andreas Zagklis memotret pembangunan Stadion Indonesia Arena didampingi Sekjen Perbasi Nirmala Dewi (kiri) di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (14/7/22). (ANTARA/Dolly Rosana)
Sekretaris Jenderal FIBA Andreas Zagklis memotret pembangunan Stadion Indonesia Arena didampingi Sekjen Perbasi Nirmala Dewi (kiri) di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (14/7/22). (ANTARA/Dolly Rosana)

Sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023 pada Agustus mendatang, Indonesia tengah menyiapkan arena pertandingan yang sesuai standarisasi. Pemerintah pun membangun Indoor Multifunction Stadium (IMS) berkapasitas 16 ribu penonton, di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) sejak Desember 2021.

Stadion tertutup multi fungsi (Indoor Multifunction Stadium/IMS) itu diberi nama Stadion Indonesia Arena

Pembangunannya sudah dimulai sejak Desember 2021 di atas lahan seluas 30.720 meter persegi. Nantinya, stadion akan memiliki tapak bangunan seluas 20.852,79 meter persegi.

Proyek Stadion Indonesia Arena dilaksanakan melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Year Contract (MYC) 2021-2022 senilai Rp639,1 miliar dengan kontraktor PT Adhi Karya-PT Nindya Karya-PT Penta (KSO).

Pekerjaan dilaksanakan meliputi struktur, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal, pembangunan lapangan dan peralatan pertandingan, lapangan latihan, ruang ganti, tribun, royal box dan sistem pencahayaan.

Selain itu, terdapat acoustic sound system, visual system, ticketing, sistem proteksi kebakaran, sistem transportasi dalam gedung, dan pemenuhan kriteria bangunan gedung hijau, yang menjadi bagian dari pekerjaan.

Stadion Indonesia Arena akan mempunyai fungsi utama sebagai lapangan basket dengan 1 FOP dan 2 lapangan latihan.

Baca Juga: Cetak Sejarah! Tim Basket Putra Indonesia Juarai SEA Games 2021

Selain untuk olahraga basket, stadion indoor ini juga dapat dimanfaatkan sebagai lapangan voli, badminton, tinju, MMA, tenis, atletik serta fungsi non-olahraga lain, seperti konser, seminar, dan pertunjukan khusus lain.

Secara desain konstruksi, stadion indoor ini terdiri atas 4 lantai tribun yang dilengkapi dengan atap space frame.

Menariknya lagi, lokasi stadion ini berlokasi tidak jauh dari GOR Indoor Basket Hall A Kompleks GBK.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, progres pembangunan Indonesia sudah mencapai 32 persen per Juli 2022, atau melewati 3,3 persen dari target pada periode tersebut.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjamin pembangunan stadion tersebut rampung pada Desember 2022, atau lebih cepat 3 bulan dari target awal.

“Tidak banyak kota di dunia memiliki stadion seperti ini yang berada di tengah kota, dengan parkir luas dan fasilitas sudah memadai, serta bisa menampung banyak orang lagi,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari Antara, Sabtu (16/7/2022).

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X