Hadapi Novak Djokovic di French Open 2022, Rafael Nadal Keberatan Bertanding Malam Hari

- Selasa, 31 Mei 2022 | 13:12 WIB
Rafael Nadal (kiri), Novak Djokovic (kanan). (REUTERS/Dylan Martinez/Yves Herman)
Rafael Nadal (kiri), Novak Djokovic (kanan). (REUTERS/Dylan Martinez/Yves Herman)

Perempat final French Open 2022 mempertemukan petenis nomor 1 dunia, Novak Djokovic dan juara 13 kali, Rafael Nadal, Selasa (31/5/2022) malam waktu setempat atau Rabu (1/6/2022) dini hari WIB. Namun, Nadal mengaku keberatan bertanding di malam hari, terlebih lagi bermain di lapangan tanah liat.

Menurut petenis Spanyol itu, bermain di lapangan tanah liat pada malam hari memengaruhi kelembaban sehingga bola bergerak lebih lambat.

"Saya tidak suka sesi malam di lapangan tanah liat. Saya tidak suka bermain di lapangan tanah liat pada malam hari karena kelembaban lebih tinggi, bola lebih lambat dan mungkin ada kondisi yang sangat berat terutama saat cuaca dingin," kata Nadal dikutip dari Reuters.

Baca JugaApriyani Pastikan tanpa Greysia di Indonesia Masters-Open 2022

"Saya pikir itu membuat perbedaan besar dalam cara Anda bermain tenis di lapangan tanah liat pada malam hari dan siang hari," tambahnya.

Seperti diketahui, Amazon Prime memegang hak siar eksklusif French Open musim ini di mana pertandingan dimulai pukul 9 malam waktu setempat dan bermain di lapangan tanah liat.

Rivalitas Djokovic-Nadal begitu panas sehingga aturan biasa cenderung tidak berlaku saat kedua petenis kelas berat itu saling berhadapan di French Open.

Tahun lalu, aturan jam malam Covid-19 dimundurkan untuk memungkinkan para penggemar tinggal lebih lama di Roland Garros ketika Djokovic mengalahkan Nadal di semifinal.

Sementara itu, Djokovic turut buka suara tentang pertandingan malam hari musim ini. Menurutnya, petenis tidak berwenang mengatur jam pertandingan sehingga harus bisa menyesuaikan diri dengan jadwal yang sudah ditentukan.

 "Sebagai pemain top, kami memiliki permintaan, tetapi permintaan itu tidak selalu diterima. Direktur turnamen, bersama dengan TV, yang menyiarkan acara, saya pikir pada akhirnya itulah yang memutuskan... TV, apakah mereka menginginkan pertandingan Anda, siang atau malam," kata petenis asal Serbia itu.

"Anda hanya perlu menyesuaikan diri dengan itu. Jelas, tergantung dengan siapa Anda bermain, terkadang bagus untuk bermain malam; terkadang siang. Tidak ada standar atau tidak ada formula yang selalu berhasil," imbuhnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X