Brisbane Terpilih Jadi Kota Tuan Rumah Olimpiade 2032

- Kamis, 22 Juli 2021 | 15:43 WIB
Brisbane, kota di Australia yang jadi tuan rumah Olimpiade 2032. (photo/REUTERS/JAIMI JOY)
Brisbane, kota di Australia yang jadi tuan rumah Olimpiade 2032. (photo/REUTERS/JAIMI JOY)

Brisbane telah terpilih sebagai kota tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade pada 2032.

Ini akan menjadi ketiga kalinya Olimpiade diadakan di Australia setelah Melbourne pada tahun 1956 dan Sydney pada tahun 2000.

Tawaran Brisbane adalah satu-satunya yang berjalan, meskipun masih harus disetujui oleh pemungutan suara Komite Olimpiade Internasional pekan ini.

Ibukota Queensland Australia akan menyusul Los Angeles, yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2028. 

Sementara itu, Paris menjadi tuan rumah Olimpiade berikutnya pada 2024.

"Pemerintah saya bangga mendukung kesempatan ini untuk Brisbane dan Queensland tenggara," kata Perdana Menteri Australia Scott Morrison dikutip dari metro.co.uk, Rabu (21/7/2021).

"Pemerintah Australia dan Queensland sepenuhnya mendanai proyek infrastruktur yang akan dilaksanakan dalam persiapan untuk Olimpiade, memastikan bahwa mereka memberikan untuk Brisbane 2032, tetapi juga meninggalkan warisan abadi."

Awal tahun ini, IOC memberikan hak negosiasi eksklusif ke Brisbane setelah mengubah format penawaran mereka.

Qatar, Indonesia, Hungaria, dan Jerman semuanya menyatakan minatnya untuk menyaingi Brisbane untuk Olimpiade 2032.

"Ini adalah hari yang sangat membanggakan bagi Australia, jangan salah. Saya berterima kasih kepada Anggota IOC atas kepercayaan mereka. Brisbane 2032 benar-benar berkomitmen untuk melayani cita-cita gerakan Olimpiade,' kata presiden Komite Olimpiade Australia John Coates.

-
Brisbane terpilih jadi kota tuan rumah Olimpiade 2032. (photo/REUTERS/POOL)

"Olimpiade di Brisbane akan berada di tangan yang paling rajin, bersyukur dan antusias. Dan saya membuat komitmen ini kepada para atlet dunia – kami akan memberi Anda pengalaman yang tak terlupakan."

"Australia akan menyambut dunia pada tahun 2032. Queensland Tenggara adalah kawasan berkembang pesat di Australia, menawarkan orang-orang yang ramah dan beragam budaya dengan hasrat untuk olahraga, fasilitas olahraga kelas satu, transportasi yang sangat baik, dan komitmen untuk menempatkan atlet dunia sebagai pusat dari semua yang kita lakukan."

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X