The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Fakta Menarik Toprak Razgatlioglu, Juara Dunia WSBK 2021 yang Disanjung Rossi
Toprak Razgatlioglu (Dok. World Superbike)
Sport

4 Fakta Menarik Toprak Razgatlioglu, Juara Dunia WSBK 2021 yang Disanjung Rossi

Senin, 22 November 2021 15:39 WIB 22 November 2021, 15:39 WIB

INDOZONE.ID - Pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu keluar sebagai juara dunia World Superbike (WSBK) musim 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (22/11/2021).

Saat melakoni balapan Race 1, pria yang akrab disapa Toprak itu finis di urutan kedua. Lalu pada Race 2, Toprak mengunci kemenangannya dengan finis di urutan keempat.

Dengan mengoleksi sebanyak 564 poin pada musim ini yang tak dapat tertandingi oleh juara bertahan pembalap Kawasaki Jonathan Rea yang finis di posisi pertama pada Race 1 dan 2, Toprak dipastikan menjadi juara dunia WSBK 2021.

Pembalap asal Turki itu berhasil mencetak sejarah dengan mengakhiri dominasi Rea selama enam musim WSBK.

Ingin mengenal lebih jauh sosok Toprak? Berikut faktar menarik tentang Toprak yang dihimpun Indozone dari berbagai sumber, Senin (22/11/2021).

1. Disanjung Rossi

fakta menarik toprak
(Instagram/toprak_tr54)

Membaranya Toprak di WSBK musim 2021 menyedot perhatian pembalap veteran MotoGP, Valentino Rossi. Pembalap asal Italia menyanjung bakat yang dimiliki oleh Toprak saat berada di lintasan.

Rossi yang baru saja pensiun dari MotoGP itu menilai bahwa Toprak memiliki gaya balapan yang sangat modern dan sangat lihat dengan kontrol atas sepeda motor yang dikendarainya saat balapan.

"Saya suka dengan Toprak karena dia pembalap modern, muda, serta siap secara fisik. Dia memiliki kontrol motor yang sangat hebat," ujar Rossi dikutip dari Motorcylessports.net

2. Punya peluang pindah ke MotoGP

fakta menarik toprak
(Instagram/toprak_tr54)

Masih dari penilaian Rossi, dia menganggap Toprak memiliki peluang untuk ke MotoGP, balapan motor yang 2x lipat lebih besar dari WSBK.

Menurut Rossi, Toprak mempunyai semangat kompetitif yang akan lebih menarik jika mau mencoba mengendarai motor prototype Yamaha, YZR-MI untuk seri MotoGP.

"Dia bisa lebih kompetitif di MotoGP karena masih muda dan memiliki banyak potensi," ujar Rossi.

3. Sang ayah pengendara motor akrobat

fakta menarik toprak
(Instagram/toprak_tr54)

Bagi masyarakat internasional, tak banyak yang tau bahwa Toprak merupakan putra dari pengendara motor akrobat yang sudah tersohor namanya di Turki, yaitu Arif Razgatlioglu.

Namun, sang ayah telah meninggal dunia sejak 2017 lalu karena kecelakaan motor yang dialaminya di daerah Antalya.

Toprak dalam wawancara kemenangannya di Sirkuit Mandalika, dia mempersembahkan gelar juara dunia itu untuk sang ayah.

4. Di dunia balap sejak 5 tahun

fakta menarik
(Instagram/toprak_tr54)

Lahir dari keluarga yang akrab dengan olahraga balap motor, Toprak mulai dikenalkan dengan sepeda motor sejak berusia 5 tahun.

Sejak di usia belia, dia sudah menjuarai sejumlah ajang motocross sebanyak empat kali. Kemudian saat memasuki usia 13, Toprak mulai berkompetisi di balap motor 600 cc.

Karirnya mulai menanjak saat mengikuti sejumlah kejuaraan balap motor di kawasan Eropa, seperti European Superstock 600 Championship (2015), lalu FIM Superstock 1000 Cup (2016), dan European Superstock 1000 Championship pada 2017.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Nanda
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US