KOI Libatkan Atlet Sosialisasikan Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

- Minggu, 9 Mei 2021 | 11:40 WIB
 Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari. (ANTARA/Bayu Kuncahyo)
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari. (ANTARA/Bayu Kuncahyo)

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan melibatkan para atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo untuk melakukan sosialisasi pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga multi event terbesar di dunia untuk edisi 2032.

"Nanti kami akan bikin modul digital maupun fisik terkait dengan persiapan Indonesia. Atlet dan ofisial nanti akan melakukan aksi simpatik agar atlet dari negara lain mengerti jika Indonesia mengajukan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," kata Ketua Umum KOI/NOC Raja Sapta Oktohari di Jakarta, Sabtu (08/05), seperti dilansir Antara.

Pria yang akrab dipanggil Okto itu mengaku bahwa apa yang dilakukan juga pernah dilakukan oleh Qatar yang saat itu membidik tuan rumah Asian Games 2030. Hasilnyacukup efektif dan salah satu negara di Timur Tengah itu sukses menjadi tuan rumah kejuaraan multi event terbesar di Asia itu.

"Qatar jauh-jauh hari sudah melakukan sosialisasi. Bahkan di setiap event kejuaraan. Momen bertukar pin oleh atlet dimanfaatkan. Selain pin kontingen, Qatar juga memberikan pin Asian Games 2030," katanya menambahkan.

Kemudian, ia mengatakan bahwa di Jepang, atlet Indonesia maupun ofisial berpeluang melakukan hal yang dilakukan Qatar. Namun, akan ada formula lain yang disiapkan oleh KOI termasuk lobi-lobi terhadap NOC-NOC negara lain guna mendapatkan dukungan.

"Semuanya akan kami persiapkan. Untuk pin bisa saja logo Olimpiade 2032 atau yang lain," kata Okto menegaskan.

Diketahui, saat ini masih banyak atlet Indonesia yang berjuang meraih tiket ke Olimpiade Tokyo, namun ada beberapa atlet yang sudah siap berangkat seperti Lalu Muhammad Zohri dari atletik, Riau Ega Agatha dan Diananda Chairunisa dari panahan, Vidya Rafika Rahmatan Thayiba dari cabang olahraga menembak.

Sementara itu, ada juga sejumlah atlet yang tinggal menunggu penetapan seperti atlet angkat besi Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika. Selain itu atlet bulu tangkis yakni tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, serta ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Bukan hanya atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo. KOI juga berencana melibatkan para legenda olahraga Indonesia di kepanitiaan bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Hanya saja belum dijelaskan dengan detail siapa saja legenda yang akan ikut dilibatkan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X