Mantap! IM Irene dan IM Medina Awali Piala Dunia Catur Putri dengan Kemenangan

- Selasa, 13 Juli 2021 | 10:00 WIB
Dari kiri ke kanan: Susanto Megaranto, Medina Warda Aulia, Irene Kharisma Sukandar, dan Mohamad Ervan. (Dok. PB PERCASI
Dari kiri ke kanan: Susanto Megaranto, Medina Warda Aulia, Irene Kharisma Sukandar, dan Mohamad Ervan. (Dok. PB PERCASI

Dua pecatur putri terbaik Indonesia, IM Irene Kharisma Sukandar (2413) dan IM Medina Warda Aulia (2360) mencatatkan hasil gemilang di hari pertama Piala Dunia Catur putri 2021 di Sochi, Rusia, Senin waktu setempat.

Irene berhasil mengalahkan pecatur Chile, WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2083) pada langkah ke-33. Sementara Medina mengalahkan pecatur Jerman FM Jana Schneider (2321) dalam permainan 54 langkah.

Dengan kemenangan di gim pertama itu, baik Irene maupun Medina tinggal membutuhkan hasil remis pada gim kedua untuk maju ke babak selanjutnya.

Format pertandingan sendiri adalah dua babak catur klasik pada dua hari pertama, ditambah tie-break pada hari ketiga jika di dua pertandingan awal terjadi hasil imbang. Pecatur yang kalah langsung gugur, dan pemenang maju ke babak berikutnya.

Irene tampil di Piala Dunia 2021 melalui jalur wildcard, sedangkan Medina lolos setelah menjuarai Kejuaraan Catur Asia Timur Jauh Zona 3.3 di Ulaanbaatar, Mongolia, April 2019.

Sementara itu di kategori umum Piala Dunia Catur 2021, dua wakil Indonesia gagal membukukan kemenangan. GM Susanto Megaranto (2550) bermain remis dengan juara nasional 13 kali Iran GM Ehsan Ghaem Maghami (2547).

Begitu pula IM Mohamad Ervan (2356) harus mengakui keunggulan pecatur remaja Uzbekistan GM Nodirbek Abdusattorov (2634).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X