Cuma Berlatih 6 Bulan, Atlet Depok Sumbang Medali Pertama di SEA Games Cabor Kun Bokator

- Rabu, 10 Mei 2023 | 09:45 WIB
Alfadhila Ramadhan, raih medali perak di cabor Kun Bokator Sea Games 2023. (Dok. Pribadi)
Alfadhila Ramadhan, raih medali perak di cabor Kun Bokator Sea Games 2023. (Dok. Pribadi)

Alfadhila Ramadhan menjadi sorotan beberapa hari ini karena ia menjadi atlet yang meraih medali pertama untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2023 yang diadakan di Kamboja.

Melalui cabang olahraga bela diri tradisional milik tuan rumah Kun Bokator. Alpan nama panggilan mahasiswa semester 6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta ini membuka peluang kran medali dengan memperoleh medali perak pada Kamis, 4 Mei 2023 lalu.

Alpan yang dihubungi oleh Z Creators Vivi Sanusi menuturkan baru 6 bulan menekuni Kun Bokator. Sebelumnya ia menekuni olahraga pencak silat. Sebagai cabang olahraga, Kun Bokator memang masih terbilang baru di Indonesia.

"Saya baru menekuni cabor ini sejak bulan November 2022 di Pelatnas Indonesia," ujarnya. 

Ketertarikan Alpan pada Kun Bokator karena ia melihat peluang ketika dipanggil untuk mengikuti seleksi Pelatnas cabor ini.

"Kun Bokator dari budaya dan karakter banyak berbeda. Cabor ini lebih sering bermain elbow dan knee tapi dari segi art atau jurus hampir mirip dengan silat," sambung pemuda yang berdomisili di Tanah Baru, Depok, Jawa Barat ini.

-
Alfadhila Ramadhan, raih medali perak di cabor Kun Bokator Sea Games 2023. (Dok. Pribadi)

Berlatih rutin di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta Timur, Alpan bertanding di nomor Men Single Bokator Sprint Form. Uniknya lagi ini adalah medali pertama untuknya.

"Saya atlet yang baru menekuni kejuaraan bergengsi jadi belum dapat apa-apa. Alhamdulillah bisa meraih medali perak, walau keinginan sih maunya dapat emas," ucapnya.

Alpan yang aktif di kepengurusan Tapak Suci di kampusnya, menitipkan pesan bagi Gen Z agar menggunakan masa muda dengan kegiatan positif.

"Walau enggak suka olahraga ya harus tetap olahraga agar terus memancarkan energi positif dan dapat memiliki tubuh yang bugar," ujarnya menutup percakapan.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

 

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X