UEFA Ancam 12 klub Raksasa Eropa yang Ikut European Super League

- Senin, 19 April 2021 | 08:48 WIB
UEFA ancam klub yang terlibat European Super League (REUTERS/Denis Balibouse/File Photo).
UEFA ancam klub yang terlibat European Super League (REUTERS/Denis Balibouse/File Photo).

Federasi sepak bola Eropa (UEFA) mengancam klub-klub yang berpartisipasi dalam ajang European Super League atau Liga Super Eropa yang dibentuk untuk menggantikan Liga Champions. 

Sebelumnya, 12 klub raksasa asal Benua Biru merilis pernyataan mengenai rencana mereka untuk membentuk sebuah Liga Super Eropa yang baru. Ke-12 klub yang mengumukan deklarasi pembentukan European Super League yakni AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Barcelona, Inter Milan, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Menanggapi hal tersebut, UEFA pun bereaksi keras dengan mengeluarkan ultimatum untuk setiapklub yang terlibat dalam rencana tersebut.

“Jika ini terjadi, kami ingin menegaskan kembali bahwa kami...(dan) FIFA dan semua asosiasi anggota kami akan tetap bersatu menyetop proyek ini, sebuah proyek yang dibentuk atas dasar kepentingan pribadi dari beberapa klub di saat kita semua memerlukan solidaritas,” tulis UEFA dalam pernyataan resminya seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Manchester United VS Burnley: Setan Merah Menang 3-1

FIFA sebelumnya telah memberikan pernyataan keras terhadap liga yang memisahkan diri atau bergabung dalam kompetisi sepak bola yang tidak diakui. Baik klub maupun pemain bakal dilarang berpartisipasi dalam kompetisi apa pun yang dihelat federasi sepak bola dunia tersebut.

“Kami ingin berterima kasih kepada klub-klub di negara lain terutama Prancis dan Jerman yang menolak kompetisi tersebut,” tulis UEFA.

“Kami mengajak para pencinta sepak bola, penggemar, dan politisi untuk bergabung bersama kami menentang proyek ini. Kepentingan pribadi beberapa orang ini telah berlangsung terlalu lama. Ini harus segera dihentikan."

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X