12 Rekor Kobe Bryant di NBA

- Selasa, 28 Januari 2020 | 11:14 WIB
Mendiang Kobe Bryant meninggalkan banyak cerita dan prestasi sepanjang kariernya di NBA. (REUTERS/Mike Blake)
Mendiang Kobe Bryant meninggalkan banyak cerita dan prestasi sepanjang kariernya di NBA. (REUTERS/Mike Blake)

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang. Kutipan ini bisa menggambarkan mendiang Kobe Bryant.

Legenda NBA ini wafat pada usia 41 tahun akibat mengalami kecelakaan helikopter. Meski demikian, namanya diyakini bakal tetap ada di hati para pencinta olahraga basket. 

Kobe memiliki segudang cerita dan juga prestasi semasa masih aktif bermain. Ada belasan, mungkin puluhan, rekor yang telah dia buat selama kurang lebih 20 tahun membela Los Angeles Lakers.

Sebelumnya diberitakan, ada tiga rekor Kobe Bryant yang kemungkinan sulit untuk dipatahkan. Nah, di samping tiga rekor tersebut, ada pencapaian lain yang dibuat Kobe dan diyakini juga bakal bertahan lama. 

Rekor Kobe Bryant

Berikut ini adalah 12 rekor yang masih dipegang Kobe Bryant hingga akhir hayatnya seperti dilansir Business Insider

  1. Kobe Bryant masih menjadi pemain termuda yang tampil pada laga pertamanya di NBA. Kobe berusia 18 tahun 158 hari ketika dia membuat debut di NBA ketika LA Lakers berhadapan dengan Dallas Mavericks Januari 1997. Pada laga itu, Kobe mencetak 12 poin. 
  2. Kobe Bryant juga tercatat sebagai pemain termuda yang tampil pada pertandingan All-Star sepanjang sejarah NBA. Kobe bermain untuk Tim Barat bersama Shaquille O'Neal, Gary Payton dan Tim Duncan pada 1998. Ketika itu dia baru herusia 19 tahun 170 hari.
  3. Pria kelahiran Philadelphia ini tercatat sebagai pemain dengan gelar most valuable player (MVP) All-Star NBA terbanyak bersama dengan Bob Pettit. Keduanya sama-sama mengoleksi empat gelar.
  4. Pertandingan LA Lakers kontra Toronto Raptors pada Januari 2006 mungkin tak akan terlupakan buat fans Kobe Bryant. Bagaimana tidak, sang idola mencetak 81 poin dalam pertandingan itu. Capaian itu menjadikan Kobe Bryant sebagai pencetak poin terbanyak dalam satu pertandingan di era NBA moderen.
    -
    Legenda NBA, Kobe Bryant. (Instagram/@kobebryant)
  5. Kobe Bryant mencatatkan sebagai guard dengan poin terbanyak dalam sejarah NBA. Sepanjang kariernya, The Black Mamba sudah mencetak 33.643 poin, 
  6. Dia juga tercatat sebagai guard dengan tembakan bebas terbanyak dalam sejarah NBA dengan 8.378 tembakan bebas.
  7. Tak hanya itu, penggila sepak bola ini juga merupakan guard dengan turnovers terbanyak sepanjang sejarah NBA setelah sukses menyelesaikan 4.010 turnovers.
  8. Pemain yang identik dengan angka 24 ini juga tercatat sebagai satu dari empat pemain dengan paling sering masuk dalam Tim All-NBA, tim yang diisi para pemain terbaik di divisi sepanjang tahun versi penulis dan penyiar olahraga. Dia tercatat 15 kali masuk dalam tim tersebut. Sama seperti LeBron James, Kareem Abdul-Jabbar dan Tim Duncan.
    -
    Kepergian Kobe Bryant menyisakan duka yang mendalam. (REUTERS/Mike Blake)
  9. Selain itu, dia juga menjadi satu dari empat pemain yang paling sering terpilih masuk dalam All-Defensive First Team yang diisi para pemain bertahan terbaik divisi pada musim itu. Kobe Bryant sembilan kali mendapat tempat di tim itu. Selain Kobe, ada juga nama Michael Jordan, Gary Payton, dan Kevin Garnett.
  10. Business Insider juga mencatat Kobe Bryant sebagai pemain yang mencetak poin terbanyak dalam satu arena. Selama 20 musim berkarier bersama LA Lakers, fans dari AC Milan dan Barcelona itu mencetak 16.161 poin di Staples Arena.
  11. Kobe Bryant bisa dibilang rajanya pencetak poin. Pada usia 37 tahun, dia sudah mencetak 33 ribu poin! Dia menjadi pemain termuda yang mampu mencatatkan jumlah poin tersebut.
  12. Lagi-lagi rekor Kobe Bryant mencatatkan rekor di NBA yang berkaitan dengan poin. Dia tercatat pemain tertua yang mampu mencetak 60 poin atau lebih dalam satu pertandingan. Itu dilakukannya saat LA Lakers lawan Utah Jazz pada 2016, ketika dia berusia 37 tahun 234 hari. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X