Jokowi tak Mau Venue dan Fasilitas Olahraga di Papua Rusak Pasca PON Usai

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 13:48 WIB
Presiden RI Joko Widodo (tengah) didampingi sejumlah pejabat terkait meresmikan operasional Istora Papua Bangkit (ANTARA/HO-Humas PUPR/Hari Susyanto).
Presiden RI Joko Widodo (tengah) didampingi sejumlah pejabat terkait meresmikan operasional Istora Papua Bangkit (ANTARA/HO-Humas PUPR/Hari Susyanto).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap setelah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, venue olahraga yang sudah dibuat oleh pemerintah dapat dirawat, dijaga ataupun dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Demikian disampaikan Jokowi setelah penandatangan prasasti venue PON XX sebagaimana yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

"Setelah mampu membangun venue terbaik ini pekerjaan kita belum selesai, tugas selanjutnya adalah menjaga, tugas selanjutnya adalah merawat dan tugas selanjutnya memanfaatkan venue ini dengan sebaik-baiknya," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Menko PMK Optimis PON Papua Akan Lahirkan Talenta Sepak Bola Nasional

Sebab, Jokowi tidak ingin fasilitas yang sudah dibangun dengan dana besar dan berstandar internasional ini justru menjadi tempat sepi dan tidak terawat sehingga kemudian malah menjadi rusak.

"Saya tidak ingin setelah PON usai fasilitas yang telah dibangun dengan dana besar dan berstandar internasional ini justru menjadi tempat yang sepi. Tidak terawat dan akhirnya rusak, ini yang kita tidak kita maui," tegas Jokowi.

Selain itu Jokowi mengimbau kepada kepala daerah di bumi Cendrawasih untuk menyiapkan management pengelolaan dari fasilitas pasca perhelatan PON usai. Diharapkan bisa menjadi tempat munculnya bibit-bibit unggul atlet di Indonesia.

"Oleh sebab itu saya minta kepada Gubernur kepada Bupati dan Wali Kota, agar segera menyiapkan management pengelolaan pemanfaat fasilitas umum secara profesional agar bisa venue-venue yang ada terpelihara dengan  baik," imbau Jokowi.

"Manfaatkan venue ini sebagai tempat penyaringan bibit unggul olahraga pembinaan para atlet papua untuk semakin berprestasi baik di tingkat nasional maupun tingkat dunia," tambah dia.

Peresmian venue PON XX Papua juga dihadiri sejumlah menteri yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun ikut mendampingi Presiden Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X