MotoGP Indonesia di Mandalika Batal Digelar di Tahun 2021

- Sabtu, 10 April 2021 | 14:07 WIB
Pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat gagal menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia 2021. Alasannya, pemerintah ingin menyelesaikan program vaksinasi Covid-19.

Sirkuit Mandalika dipastikan akan menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia di tahun 2022. Diharapkan, di tahun 2022 nanti jumlah penonton yang hadir bisa maksimal.

"Kami dapat memastikan bahwa Sirkuit Internasional Mandalika akan menjadi salah satu venue terpenting dalam kalender (MotoGP) ke depannya. Kami juga tahu bahwa suporter dari Indonesia akan hadir secara masif dan GP akan menjadi salah satu yang paling ikonik sepanjang musim," kata Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (10/4/2021).

Dorna Sports dan FIM mengaku puas dengan perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika yang ditargetkan rampung di pertengahan 2021.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebenarnya yakin Sirkuit Mandalika bisa digunakan di tahun 2021.

Namun, Dorna Sports dan FIM lebih memilih MotoGP Mandalika, Indonesia, digelar tahun 2022.

"Target untuk Sirkuit Mandalika adalah tetap menggelar FIM Superbike pada 14 November 2021. Namun, karena pandemi Covid-19, semua pihak setuju untuk menggelar balapan MotoGP di trek tersebut pada paruh pertama musim 2022," demikian pernyataan resmi Dorna Sports dan FIM.

Dorna hanya membuka kemungkinan Sirkuit Mandalika menjadi lokasi tes MotoGP di akhir 2021 jika memang lintasannya telah rampung.

"Jika MotoGP dapat menggelar balapan di Asia Tenggara jelang akhir MotoGP 2021, upaya untuk melakukan tes tim kelas MotoGP di Sirkuit Mandalika akan diupayakan sebagai antisipasi masuknya trek dalam kalender balap 2022," tambah Dorna.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X