Mick Schumacher Merangkap Jadi Pembalap Cadangan Ferrari di F1 2022

- Rabu, 22 Desember 2021 | 11:59 WIB
Mick Schumacher, pembalap tim Haas (Instagram/@mickschumacher)
Mick Schumacher, pembalap tim Haas (Instagram/@mickschumacher)

Putra legenda Formula 1 (F1) Michael Schumacher, yakni Mick Schumacher akan merangkap sebagai pembalap cadangan Ferrari musim 2022 meski tetap memiliki kursi balap reguler di Haas.

Dilansir Reuters, Rabu (22/12/2021), bos tim Ferrari, Mattia Binotto mengatakan kepada wartawan bahwa Schumacher akan menggantikan Carlos Sainz atau Charles Leclerc jika salah satu berhalangan. 

Haas selaku tim yang menaungi pembalap Jerman itu sudah sepakat akan hal tersebut. Rencananya, ia akan menjadi pembalap cadangan di 11 seri dari 23 balapan yang dijadwalkan tahun depan.

Sementara itu, status pembalap pengganti di 12 seri sisanya akan diberikan kepada Antonio Giovinazzi. Pembalap Italia itu baru saja kehilangan kursi F1 di Alfa Romeo dan akan berkiprah di Formula E tahun depan.

"Setiap kali dia (Giovinazzi) akan berada di trek balap, dia akan menjadi pembalap cadangan kami. Dan dia juga akan tersedia untuk tim pelanggan kami, baik Haas maupun Alfa Romeo," kata Binotto.

"Untuk 11 balapan tersisa... Mick Schumacher akan menjadi pebalap cadangan untuk Ferrari," ujarnya.

Baca Juga: Hasil F1 Arab Saudi: Insiden Tabrakan Mick Schumacher Hingga Hamilton Keluar Sebagai Juara

Selain sebagai pembalap pengganti Ferrari, Giovinazzi juga bisa menjadi pembalap cadangan Alfa Romeo dan Haas jika dibutuhkan. Kedua tim tersebut diketahui memakai mesin Ferrari.

Schumacher sendiri merupakan jebolan akademi Ferrari. Pembalap berusia 22 tahun itu sudah menyelesaikan debutnya di F1 bersama Haas musim lalu, finis 19 kali dari 22 balapan.

Walau gagal mencetak poin dengan finis terbaik di urutan 12, namun juara Formula 2 2020  itu mengungguli rekan setimnya Nikita Mazepin dan membuat kesan positif di musim rookie-nya.Maka dari itu, di tahun keduanya tampil di F1, Schumacher diberi kepercayaan lebih.

Binotto juga mengatakan Schumacher telah mengalami peningkatan sepanjang musim, baik dalam hal konsistensi dan kecepatan sehingga dukungan Ferrari akan berlanjut dengan simulator yang tersedia di Maranello dan para insinyur Ferrari yang bekerja dengannya.

"Mick menjalani 1 musim di F1 dengan baik, dia meningkatkan dirinya tidak hanya dalam hal konsistensi, tetapi juga dalam hal kecepatan," ungkap Binotto.

“Jika Anda melihat balapan terakhir, dia jauh lebih dekat dengan mobil di depan dan Haas tidak mengembangkan mobil sama sekali. Fakta bahwa dia lebih dekat membuktikan bahwa dia memiliki peningkatan yang baik pada kecepatan itu sendiri," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X