The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Throwback Asian Games 2018, Saat Seluruh Dunia Rasakan Gelora Semangat Indonesia
Presiden Jokowi naik motor gede saat Asian Games 2018 (YouTube/18th Asian Games 2018)
Sport

Throwback Asian Games 2018, Saat Seluruh Dunia Rasakan Gelora Semangat Indonesia

Jumat, 03 September 2021 13:20 WIB 03 September 2021, 13:20 WIB

INDOZONE.ID - Pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018, Asian Games digelar di Indonesia. Multicabang olahraga bangsa-bangsa di Asia resmi dibuka sehari setelah kemerdekaan Indonesia dengan mengusung semangat Energy of Asia.

Indonesia sebagai kontingen tuan rumah menempati peringkat kelima dengan perolehan 37 medali emas, 47 medali perak, dan 51 medali perunggu. 

Cabang olahraga catur menjadi cabang yang paling banyak menyumbang medali emas bagi kontingen Merah-Putih yaitu 11 medali emas, lima medali perak, dan enam medali perunggu.

Kemudian, cabang olahraga bulu tangkis menyumbang enam medali emas, lima medali perak, dan empat medali perunggu.

Sementara, para-atletik mempersembahkan enam medali emas, 12 medali perak, dan 10 medali perunggu.

Ada berbagai peristiwa menarik dalam ajang tersebut. Mulai dari Presiden Jokowi yang naik motor gede sebelum memasuki lokasi acara digelar.

Begitu pula dengan aksi ribuan penari yang dekorasi panggung yang membuat penonton berdecak kagum. Upacara Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018 juga mencuri perhatian dunia.

Tagar #OpeningCeremonyAsianGames2018 jadi trending topic dengan lebih dari 1 juta cuitan. Warga negara di Benua Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia ikut menuliskan cuitan terkait ajang olahraga akbar itu.

Begitu juga saat acara Penutupan yang mencapai 1,8 juta cuitan, terlebih saat boyband Super Junior tampil dalam gelaran tersebut.

Sementara itu, ada 12 juta cuitan secara global yang membahas mengenai Asian Games 2018.

Baru-baru ini, mantan Menpar Wishnutama kembali mengenang Asian Games 2018.

"18 Agustus - 2 September 2018, 3 tahun yang lalu, seluruh dunia merasakan semangat Indonesia," tulis Wishnutama, dikutip Jumat (3/9/2021).

Unggahannya pun ramai dikomentari netizen yang merindukan momen seperti itu, yang sekarang sulit dilakukan karena pandemi corona.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US