Spanyol Rengkuh Gelar Davis Cup Keenam

- Senin, 25 November 2019 | 11:30 WIB
Tim Davis Spanyol. (Reuters/Susana VerĂ¡)
Tim Davis Spanyol. (Reuters/Susana VerĂ¡)

Turnamen Davis Cup 2019 akhirnya resmi dimenangkan oleh tuan rumah, Spanyol setelah di partai final mengalahkan Kanada dengan 2-0 pada final yang dihelat di Caja Magica, Madrid.

Lima wakil Spanyol, Rafael Nadal, Roberto Bautista Agut, Feliciano Lopez, Pablo Carreno Busta dan Marcel Granollers benar-benar memainkan peran mereka sebagai Spaniard, yang berjuang keras walau diterpa berbagai masalah.

Adalah Rafael Nadal yang menjadi aktor penentu perjalanan gelar setelah mengandaskan Denis Shapovalov dengan skor 6-3 dan 7-6(9-7).

-
Rafael Nadal. (Reuters/Sergio Perez)

Nadal yang terlihat kelelahan karena melakoni pertandingan untuk hari keempat secara berturut-turut berhasil memaksimalkan set point pada tiebreak set kedua sebelum akhirnya mengamankan kemenangan.

"Sungguh pekan yang mengagumkan. Ini menjadi momen yang tak terlupakan. Terima kasih kepada penonton yang sungguh luar biasa. Kami tidak bisa mengucapkan lebih banyak terima kasih," ucap Nadal.

Senada dengan Nadal, kemenangan ini dirasa sangat emosional oleh kapten tim Spanyol, Sergi Bruguera mengingat perjalanan Spanyol di Davis Cup kali ini diwarnai beberapa drama yang sempat menguras mental salah satu petenisnya.

"Ketika anda memiliki momen seperti ini, sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Ada begitu banyak perasaan, begitu banyak emosi yang belum pernah Anda rasakan," kata Sergi Bruguera.

Patut diketahui, pada turnamen Davis Cup kali ini salah satu petenis Spanyol, Roberto Bautista Agut baru saja kehilangan ayahnya.

Namun ia berhasil melawan krisis mental yang menerpanya dengan ikut menyumbang kemenangan pada partai final atas Felix Auger-Alissime dengan 7-6(7-3), 6-3.

-
Roberto Bautista Agut. (Reuters/Sergio Perez)

"Sulit dipercaya. Bayangkan Roberto kemarin menghadiri pemakaman ayahnya, sekarang ia memberikan segalanya, mentalitas dan semangat untuk tim," tambah Bruguera.

Gelar juara ini menjadi trofi keenam bagi Spanyol, setelah sebelumnya mereka berhasil juara pada tahun 2000, 2004, 2008, 2009 dan 2011.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X