5 Perlengkapan Olahraga Renang yang Bisa Bantu Menguasai Teknik Dasar Berenang

- Jumat, 10 Juni 2022 | 21:10 WIB
Ilustrasi belajar berenang. (Freepik)
Ilustrasi belajar berenang. (Freepik)

Berenang adalah aktivitas fisik yang dilakukan di air dengan menggunakan anggota tubuh atau sebagian anggota tubuh, dengan gerakan tubuh di air seseorang dapat berpindah tempat. Olahraga ini menjadi salah satu olahraga populer di dunia serta menjadi kemampuan dasar yang perlu dimiliki seseorang.

Berenang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seseorang jika dilakukan dengan benar, bukan asal bermain air. Kepandaian berenang ini, dibutuhkan agar energi yang dikeluarkan lebih efisien saat berolahraga. Meskipun begitu, untuk melakukan aktivitas renang yang nyaman memerlukan beberapa alat pendukung agar olahraga menjadi lebih maksimal. Sejumlah peralatan tersebut memiliki fungsinya masing-masing, tentunya bisa mempermudah menguasai teknik dasar berenang.

1. Baju Renang atau Celana Renang

Jangan memakai baju kaos atau celana kaos untuk berenang. Baju atau celana renang memang dikhususkan untuk digunakan ketika di air. Baju atau celana renang dirancang dengan bahan yang sangat minim menyimpan air, agar tidak menambah beban berat saat berenang.

Selain itu, pastikan juga pakaian renang yang digunakan ukurannya pas dengan tubuh sehingga membentuk pinggang dan lekuk tubuh. Sebab, ketika baju renang tidak pas, air akan masuk ke dalam baju dan baju  akan terasa berat dan bergoyang, seperti mau lepas.

2. Topi Renang

Untuk mengurangi paparan air kolam renang yang mengandung bahan kimia, topi renang adalah peralatan berenang yang dibutuhkan.  Topi renang mengurangi paparan klorin di air kolam renang, tidak langsung semua rambut terendam air kolam.

Tidak hanya itu, topi renang juga memudahkan berenang di dalam air, saat rambut terendam air maka rambut menyimpan air dengan mudah, dan ini membuat gerakan kepala akan terasa lebih berat. Sedangkan topi renang tidak menyimpan air, justru ini memotong air yang melewatinya karena bahannya yang licin ketika terkena air.

Berenang tanpa topi renang juga cukup mengganggu sebab rambut akan terurai di wajah. Sekalipun  rambut dikuncir, namun lama-lama helaian rambut bisa lepas hingga bisa menghalangi pandangan dan kenyamanan.

Baca Juga: Wika Salim Santuy Motoran Pakai Baju Terbuka, Netizen Khawatirkan Hal Ini

3. Goggles (Kacamata Renang)

Kacamata renang merupakan peralatan penting yang perlu digunakan saat olahraga renang. Alat yang biasa disebut goggles ini digunakan perenang untuk melindungi mata dari air yang megandung bahan kimia di kolam renang.

Goggles dapat membuat mata perenang lebih nyaman ketika kepala berada di bawah air. Selain itu, alat ini juga bisa membantu perenang melihat lebih jelas di bawah air.

4. Kickboard (Pelampung Berenang)

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X