Kemenpora Ingin Anak Muda Ukir Prestasi Lewat Olahraga eSport

- Senin, 24 Agustus 2020 | 12:32 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus berupaya agar generasi muda tetap mengukir prestasi di tengah masa pandemi Covid-19. Untuk itu, 17 Agustus 2020 lalu, mereka menyelenggarakan kompetisi eSports tingkat nasional bagi kelompok pelajar SMP, SMA dan mahasiswa bertajuk Piala Menpora eSports 2020 AXIS.

Menpora Zainudin Amali menjelaskan, diselenggarakannya Piala Menpora eSports 2020 AXIS menjadi bagian dari upaya Kemenpora untuk mengembangkan dan memajukan eSports di Tanah Air. Kejuaraan ini, diharapkan mencetak bakat-bakat baru atlet eSports Indonesia yang dapat mengharumkan nama bangsa di kemudian hari.

“Sejak awal, Kemenpora berkomitmen untuk mendukung eSports agar berkembang dan membawa prestasi bagi Indonesia. Ketika kemudian terjadi pandemi saya melihat bahwa eSports ini justru makin populer. Maka, saya menggagas agar ada sebuah kompetisi eSports yang tujuannya menjaring bibit-bibit muda berbakat,” kata Zainudin beberapa waktu lalu.

Menpora menambahkan, pemerintah menyadari bahwa eSports sangat populer di kalangan anak muda. Oleh karena itu, salah satu pengembangan eSports yang penting saat ini adalah menghadirkan wadah-wadah kompetisi, bagi institusi pendidikan mulai dari SMP, SMA, hingga universitas sederajat.

“Kami gembira bahwa animo terhadap Piala Menpora eSports 2020 AXIS ini sangat positif. Ada lebih dari 10 ribu atlet muda yang bertanding demi mengharumkan nama sekolah dan kampusnya masing-masing. Inilah yang perlu menjadi perhatian kita bersama agar kedepan upaya-upaya dan kerjasama untuk memajukan eSports,” terangnya.

Ketua Pelaksana Piala Menpora eSports 2020 AXIS Giring Ganesha mengungkapkan tingginya animo peserta menguatkan indikasi bahwa eSports masih tetap populer dan makin digemari di tengah kondisi pandemi Covid-19. Hal ini memperkuat keyakinannya dan Indonesia eSports Premiere League (IESPL) sebagai mitra Kemenpora dalam penyelenggaraan turnamen ini.

“Piala Menpora eSports 2020 AXIS dirancang untuk menjadi wadah kompetisi bagi talenta-talenta muda eSports kita agar mereka berkembang dan kemudian bisa menjadi atlet pro yang berprestasi di masa depan. Kita melihat potensi atlet-atlet kita ini luar biasa dan industrinya pun tumbuh positif, maka melalui kejuaraan ini kita ingin bagaimana eSports ini juga bisa membawa kejayaan Indonesia,” ujarnya.

Piala Menpora eSports 2020 AXIS akan mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game besutan Moonton yang mengusung genre MOBA. Di babak kualifikasi, sebanyak 2.048 tim eSports yang berkompetisi terbagi dalam 4 kloter dengan 512 tim per kloter.

Para pemain akan bertanding 5 vs 5 untuk terus melaju ke babak berikutnya. Babak Grand Final yang akan berlangsung pada 3 dan 4 Oktober mendatang mempertemukan delapan tim terbaik dari 4 kloter untuk bersaing meraih gelar juara Piala Menpora eSports 2020 AXIS.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X