Kenali Perbedaan MotoGP dan WSBK: Sejarah, Motor yang Digunakan dan Kapasitas Mesin

- Selasa, 16 November 2021 | 11:03 WIB
Pembalap veteran Valentino Rossi beraksi di panggung MotoGP terakhirnya di MotoGP Valencia, Minggu (14/11/2021) (REUTERS/Pablo Morano)
Pembalap veteran Valentino Rossi beraksi di panggung MotoGP terakhirnya di MotoGP Valencia, Minggu (14/11/2021) (REUTERS/Pablo Morano)

Akhir-akhir ini, publik Tanah Air tengah ramai membicarakan MotoGP dan World Superbike (WSBK). Pasalnya, Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah kedua kejuaraan dunia balap motor itu setelah absen selama 25 tahun.

Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, NTB disiapkan untuk menggelar MotoGP dan WSBK.

Diketahui, putaran terakhir WSBK 2021 akan digelar pada 19 hingga 21 November mendatang. Sementara, seri MotoGP Indonesia dijadwalkan akan digelar pada 18-20 Maret 2022.

Bagi pecinta dunia olahraga balap motor, MotoGP dan WSBK bukan sesuatu yang asing. Keduanya merupakan kejuaraan balap motor yang bergengsi di dunia.

Baca juga: Mirip Luar Negeri, Papan Sponsor di Sirkuit Mandalika Sudah Terpasang, Ini Penampakannya

Setiap bulan di sepanjang tahun, MotoGP dan WSBK disiarkan di stasiun TV di berbagai negara dengan jumlah permisa yang mencapai ratusan juta.

Bagi masyarakat awam, MotoGP dan WSBK tentu menjadi sesuatu yang asing. Lantas apa itu MotoGP dan WSBK serta apa perbedaan di antara keduanya?

MotoGP dan WSBK merupakan dua kejuaraan dunia balap motor yang berada di bawah naungan Federasi Sepeda Motor Internasional atau Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Kedua kejuaraan dunia balap motor itu digelar oleh Dorna Sports, organisasi penyelanggara balapan motor FIM yang berbasis di Madrid, Spanyol.

Sejarah

MotoGP menjadi kejuaraan balap motor tertua yang pertama kali digelar pada tahun 1949 di Eropa. Pada awalnya, MotoGP bernama FIM Road Racing World Championship Grand Prix. Sementara kejuaraan WSBK pertama kali digelar pada tahun 1988 di Amerika Serikat.

Kedua kejuaraan dunia balap motor itu sama-sama bergengsi. Hanya saja perbedaannya terletak pada motor serta kapasitas mesin yang digunakan.

Apa motor yang digunakan?

Perbedaan yang sangat mencolok antara kedua kejuaraan balapan motor itu terletak jenis motor yang digunakan.

MotoGP menggunakan motor prototype atau motor yang tidak diproduksi massal dan diperjualbelikan oleh pabrikan. Misalnya, Honda RC213V, Suzuki GSX-RR. GP Ducati Desmosedici, dan Yamaha YZR-M1.

Sementara, WSBK menggunakan motor yang diproduksi massal dan diperjualbelikan oleh pabrikan. Contohnya BMW M 1000 RR, Kawasaki ZX-1 Orr, Ducati Panigale V4 R, Honda CBR 1000RR-R Fireblade SP, dan Yamaha YZF-R1.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X