Teknik Mengambil Nafas Renang Gaya Dada yang Mudah Bagi Pemula

- Selasa, 20 September 2022 | 11:07 WIB
ilustrasi atlet renang internasional (Reuters.com/AntonioBronic)
ilustrasi atlet renang internasional (Reuters.com/AntonioBronic)

Dalam olahraga renang mengusai teknik merupakan salah satu hal yang penting karena akan menentukan kemana arah kamu berenang dan seberapa kamu bertahan di dalam air.

Teknik yang paling utama dan harus kamu kuasai yaitu pengambilan nafas. Pengambilan nafas yang baik akan menentukan ketahan kamu dalam berenang, semakin baik kamu mengatur pernafasan, maka semakin maksimal kamu berenang.

Terdapat beberapa teknik pengambilan nafas sesuai dengan jenis gaya dalam olahraga renang, salah satunya renang gaya dada. Berikut Ulasan teknik pengambilan nafas renang gaya dada yang benar.

Apa Itu Renang Gaya Dada?

-
Ilustrasi atlet renang internasional (Reuters.com/StoyanNenov)

Dikenal dengan Breaststroke, Renang gaya dada merupakan teknik renang yang dikenal sebagai teknik paling dasar dan mudah dilakukan.

Di Indonesia itu sendiri, banyak orang yang menamai gerakan ini dengan sebutan gaya renang katak. Karena memang saat melakukan gerakan ini layaknya seekor katak sedang berenang.

Namun, Walaupun terbilang mudah, untuk melakukan renang gaya dada ini juga diperlukan latihan yang matang. Namun alangkah baiknya dibimbing oleh instruktur renang. 

Sebelum Kamu Melakukannya, Simak dulu yuk pembahasan cara mengambil nafas pada renang gaya dada berikut ini.

Baca JugaRenang Gaya Dada: Teknik, Cara dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Cara Mengambil Nafas Pada Renang Gaya Dada

-
ilustrasi atlet renang internasional (Reuters.com/StefanWermuth)

Dalam melakukan gerakan ini baiknya kamu harus menguasai cara mengambil nafas renang gaya dada. Sebetulnya sangat mudah untuk kamu terapkan lho.

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengangkat kepala keatas hingga kepala keluar dari permukaan air dan mulut sejajar dengan permukaan air.

Lalu, bentuk kedua tangan melingkar ke arah samping. Rasakan perubahan posisi pada tubuh yang membuat tubuh Kamu semakin naik dan mengambang di atas air. 

Jangan Lupa, Gunakan kesempatan tersebut saat tubuh dan kepala kamu berada dipermukaan air untuk melakukan pernapasan. Mudah bukan? coba terus latih kemampuan Mengambil Nafas Kamu Supaya Semakin Terbiasa Melakukan teknik pernafasan gaya dada ini.

Manfaat Renang Gaya Dada

-
ilustrasi atlet renang internasional (Reuters.com/StoyanNenov)

Selain mudah dilakukan dan dicoba, ternayat jenis teknik gaya dada ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Kamu lho, Berikut Manfaatnya:

1. Menguatkan Tulang dan Otot

Manfaat pertama setelah bisa melakukan gerakan ini yaitu meningkatnya kekuatan otot. Memiliki otot yang kuat sangat diperlukan bagi perenang karena sebagai kekuatan agar terhindar dari tenggelam.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X