3 Olahraga Populer yang Meredup di Masa Pandemi Virus Corona

- Selasa, 14 Juli 2020 | 12:52 WIB
Ilustrasi olahraga. (Freepik)
Ilustrasi olahraga. (Freepik)

Menjalani masa karantina selama empat bulan lebih di rumah membuat sebagian besar aktivitas masyarakat berubah. Olahraga yang semula dilakukan secara rutin mendadak harus dihentikan demi memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Olahraga yang melibatkan orang banyak dan dilakukan di dalam ruangan, umumnya dihindari oleh masyarakat saat pandemi virus corona. Berikut ini deretan olahraga populer yang meredup di masa pandemi virus corona yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/7/2020).

1. Gym

-
Ilustrasi tempat gym. (Freepik)

Gym menjadi salah satu olahraga paling diminati oleh milenial karena dianggap efektif. Di masa pandemi virus corona, sejumlah gym memutuskan untuk menutup sementara lokasi kebugarannya. Alasan utamanya tentu demi menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung.

Sejumlah ahli juga mengatakan bahwa tempat gym menjadi salah satu potensi penyebaran virus corona. Banyaknya alat-alat olahraga yang terkena keringat membuat kondisi ini mudah mengalami lembab.

Meski begitu sebenarnya masyarakat boleh saja datang ke tempat gym asalkan mematuhi protokol kesehatan. Mengelap semua peralatan sebelum dan sesudah digunakan. Namun, banyak orang yang beranggapan, gym di masa pandemi terlalu memaksakan diri dan berisiko. Makanya, gym sempat meredup selama beberapa bulan di masa pandemi virus corona.

2. Berenang

-
Ilustrasi berenang. (Freepik)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memang telah menyatakan bahwa belum ada kasus atau bukti yang menyatakan penyebaran virus corona bisa dari air. Karena pada dasarnya kandungan klorin dan bromin pada air kolam renang bertugas untuk mendisinfeksi kolam renang sehingga kecil kemungkinan penyebaran Covid-19 terjadi.

Namun, tetap saja sejumlah orang memilih mengurungkan niatnya untuk berenang terutama di area kolam renang publik. Sejumlah area seperti ruang ganti, kamar mandi yang dicurigai sebagai tempat penyebaran virus yang efektif.

Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro juga pernah mengungkapkan persyaratan apa saja yang harus dilakukan saat datang ke kolam renang publik. Kemungkinan penyebarannya kecil namun social distancing tetap harus diutamakan.

3. Zumba

-
Ilustrasi zumba. (Freepik/Cookie_studio)

Zumba merupakan olahraga yang kerap melibatkan orang dalam jumlah banyak. Makanya tak heran di masa pandemi ini zumba sedikit kehilangan pamornya. Pecinta zumba lebih memilih melakukan zumba di area dalam rumah sambil menyetel video YouTube ketimbang datang ke studio.

Alasan lainnya karena zumba lebih sering dilakukan di dalam ruangan, makanya banyak tempat zumba yang memilih tutup sementara waktu. Di era new normal saat ini, ada baiknya membatasi jumlah orang apabila ingin melakukan zumba di studio seperti dahulu. 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X